Teropong Bisnis | Homepage
Panduan Praktis Sukses Membuka Bisnis Minimarket

Panduan Praktis Sukses Membuka Bisnis Minimarket

0 Comments 🕔07.May 2014

Minimarket dapat dikatakan sebagai tempat belanja yang sangat membantu. Kita dapat menemuinya hampir di setiap tempat, yang artinya, kita dapat membeli barang yang kita butuhkan dengan mudah. Karena hal ini pula, bisnis minimarket dipandang sebagai salah satu bisnis dengan peluang menjanjikan.

Bila Anda tertarik untuk mencoba bisnis minimarket, ada beberapa jalan yang dapat Anda gunakan. Anda dapat menggunakan sistem waralaba yang ditawarkan perusahaan minimarket yang sudah berjalan. Anda hanya perlu menyediakan dana dan tempat. Dan bila permohonan Anda disetujui, Anda sudah dapat menjalankan bisnis minimarket.

minimarket, tips usaha, tips waralaba, peluang usaha, ide bisnis

Bila Anda ingin membuka minimarket Anda sendiri, modal yang dibutuhkan cukup besar. Anda perlu menyediakan modal diatas Rp. 100 juta. Akan tetapi, minimarket milik Anda sendiri mempunyai banyak keuntungan. Contohnya, Anda tidak perlu membayar komisi, sistem pengoperasian Anda kontrol penuh dan pendapatan Anda terima sepenuhnya.

Untuk memulai bisnis ini, pengamat keuangan Redmond Medan, Mariana menyarankan untuk menghitung rasio investasi per meter persegi. Menurutnya, besar rasio investasi untuk bisnis ini antara Rp. 3 juta – Rp. 5 juta per meter persegi. Jadi, misal Anda ingin membuka minimarket dengan luas 50 meter persegi, modal yang diperlukan berkisar antara Rp. 150 juta – Rp. 250 juta. Modal ini tidak termasuk bangunan dan minimarket yang Anda dapat dapat menampung sekitar 20 rak.

Seperti usaha lainnya, bisnis minimarket juga bergantung pada lokasi bisnis. Hal pertama yang perlu diperhitungkan adalah luas lokasi bisnis.

Untuk bisnis minimarket, idealnya Anda harus memiliki tempat seluas 50m2 – 150m2. Bila Anda hanya memiliki tempat seperti ruko dengan luas 50 m2 pun, Anda sudah dapat menggunakannya untuk minimarket. Asalkan, ada ruang sekitar 5 meter di depan lokasi tersebut. Biasanya untuk parkir kendaraan pembeli.

Pemilihan area yang tepat juga penting dilakukan. Minimarket pada umumnya membidik target konsumen pejalan kaki. Oleh karena itu, saat memilih tempat usaha, usahakan tempat tersebut berada di kawasan yang memang banyak dilalui pejalan kaki. Contohnya, sekitar kompleks perumahan, pinggir jalan dan lainnya, yang juga mudah dijangkau para pejalan kaki.

Jenis bangunan juga perlu diperhitungkan. Bila rumah Anda terletak di kawasan yang cukup strategis, Anda dapat menggunakannya sebagai minimarket. Anda hanya perlu merenovasi dan mendesainnya agar dapat menarik pelanggan.

Atau, Anda juga dapat menyewa bangunan di lokasi yang lebih strategis. Memang harus mengeluarkan dana tambahan, akan tetapi keuntungan yang didapat akan dapat menutupi biaya tambahan ini.

Banyaknya bisnis minimarket yang bermunculan saat ini membuat persaingan di bisnis ini cukup ketat. Oleh karena itu, sebagian besar hal penting yang diungkapkan diatas adalah pemilihan lokasi usaha yang strategis. Karena dengan lokasi yang tepat, Anda dapat lebih mudah memasarkan dan mempromosikan bisnis Anda. Dan, dampaknya, lebih banyak pengunjung dan keuntungan meningkat.

minimarket, tips usaha, tips waralaba, peluang usaha, ide bisnis

BACA JUGA:

Hindari 7 Kebodohan Pengusaha Pemula Ini

Tahapan Memilih Bisnis Waralaba

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *