Teropong Bisnis | Homepage
Panduan Menggunakan Kartu Kredit dengan Aman dan Efisien

Panduan Menggunakan Kartu Kredit dengan Aman dan Efisien

0 Comments 🕔13.May 2013

Kartu kredit sering juga disebut dengan nama kartu sakti. Hal ini karena kemampuannya untuk menalangi dana berbelanja yang nilainya hingga jutaan rupiah. Bahkan beberapa waktu lalu masih banyak masyarakat yang bisa memiliki banyak kartu kredit dengan nilai hingga ratusan juta rupiah. Namun belakangan ini Bank Indonesia mulai menertibkan penggunaan kartu kredit dengan memperketat peraturan-peraturan di dalam penggunaannya untuk meminimalisir terjadinya berbagai macam masalah yang sering terjadi.

Selain bersifat membantu, kartu kredit ternyata sering kali menjadi bumerang bagi para penggunanya, terutama jika mereka tidak cukup lihai mengelola pemakaian kartu kredit mereka. Beberapa masalah yang sering terjadi yaitu menunggaknya jumlah hutang hingga sangat besar dan juga dibobolnya kartu kredit oleh sindikat-sindikat tertentu yang merugikan para pemegang kartu. Untuk menghindari masalah-masalah tersebut, berikut ini adalah saran ataupun tips yang diberikan oleh seorang pengusaha sukses, Dwi Atmojo, yang bisa kita pertimbangkan.

Mengelola Pemakaian Kartu Kredit secara Efisien

Untuk menghindari masalah hutang kartu kredit yang menumpuk, tidak ada pilihan lain bagi para pemegang kartu kredit selain untuk mengendalikan diri terhadap pemakaian kartu kreditnya. Sering kali orang terpancing untuk terus berbelanja barang-barang yang sifatnya tidak begitu dibutuhkan meski sedang tidak mempunyai budget yang cukup karena dia tahu bahwa dirinya bisa menggunakan kartu kredit. Sebaiknya kita menggunakan kartu kredit kita hanya untuk mempermudah proses pembayaran, jangan untuk berhutang. Dalam artian, kita jangan menggunakan kartu kredit jika memang sedang tidak punya uang. Dengan begitu kita tidak akan kesulitan membayar tagihannya pada tanggal jatuh tempo nanti.

Selanjutnya kita juga harus selalu teliti untuk membayar tagihan-tagihan kartu kredit secara tepat waktu untuk menghindari denda ataupun bunga yang lebih besar. Dengan begitu tanggungan tagihan kartu kredit kita tidak akan membengkak. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pemegang kartu kredit yaitu karena kurang waspada atau kurang teliti dalam memeriksa tagihannya. Hal ini biasanya terjadi kepada para nasabah yang merasa telah menutup rekening kartu kreditnya, namun ternyata masih ada tagihan. Tagihan tersebut akan terus berbunga hingga jumlahnya menjadi sangat besar dan bisa dibilang tidak wajar. Tagihan yang tadinya mungkin hanya ratusan ribu bisa menjadi jutaan atau bahkan puluhan juta jika tidak dibayar dalam waktu yang cukup lama.

Menggunakan Kartu Kredit dengan Aman

Proses transaksi menggunakan kartu kredit pun harus kita lakukan dengan sangat hati-hati untuk menghindari aksi pembajakan kartu kredit oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Kita harus menjaga betul kerahasiaan pin kita. Jangan memakai pin yang mudah ditebak, misalnya angka yang berurutan, angka yang sama, tanggal lahir, dan sebagainya.

Sebaiknya setiap satu bulan sekali kita ganti pin kita. Kemudian, kita juga harus segera melapor kepada bank penerbit kartu kredit jika terjadi kejanggalan terhadap tagihan kita, fungsi kartu kredit kita, ataupun jika kartu kredit kita hilang.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *