Teropong Bisnis | Homepage
Panduan dan Tips Menjalankan Bisnis Mainan Anak-Anak

Panduan dan Tips Menjalankan Bisnis Mainan Anak-Anak

0 Comments 🕔21.Mar 2014

Terdapat sejumlah hal yang perlu menjadi perhatian bagi Anda yang tertarik untuk merintis dan menjalankan bisnis mainan anak-anakkhususnya mainan edukatif anak. Pietra Sarosa, seorang konsultan keuangan dari Sarosa Consulting Group mengatakan bahwa Anda sebagai pelaku bisnis haruslah kreatif dalam hal membuat desain. Indonesia memiliki banyak keunggulan dalam hal produksi mainan anak-anak. Bahkan Indonesia jauh lebih unggul daripada China terutama soal bahan/ material untuk membuat mainan edukatif untuk anak-anak. Sebut saja kayu. Kayu adalah bahan yang paling sering digunakan untuk membuat mainan anak-anak. Mainan anak-anak buatan Indonesia yang terbuat dari kayu jauh lebih dikenal daripada mainan anak-anak dari Cina yang sebagian besar terbuat dari plastik. Mengapa bahan kayu lebih dikenal dan lebih banyak dipilih bila dibandingkan dengan bahan plastik? Karena material kayu lebih terjamin jika dilihat dari segi keamanannya.

Bahan kayu yang digunakan untuk membuat produk-produk mainan anak-anak diperoleh dari sisa kayu di pabrik-pabrik. Ada begitu banyak pabrik yang memberikan limbah kayunya pada para perajin mainan anak-anak. Jadi para perajin tidak perlu mensuplai kayu. Cukup bekerjasama saja dengan pabrik-pabrik. Lebih menguntungkan lagi para perajin mainan anak-anak mendapatkan sisa-sisa kayu gratis alias tanpa dipungut biaya. Jikalau pun dipungut biaya, biayanya  sangat murah. Demikian juga dengan mainan anak-anak yang terbuat dari kain. Cukup manfaatkan sisa kain dari industry konveksi untuk dibuat berbagai jenis produk mainan anak-anak. Kain sisa dari industry konveksi tentu motifnya beragam alias tidak seragam. Meski tak sama, mainan anak-anak yang terbuat dari kain dengan motif yang berbeda-beda justru dianggap lebih menarik karena kaya akan warna.

peluang usaha, tips, bisnis, mainan anak, panduan

Nah, jika bisnis mainan anak-anak Anda sudah mulai berjalan, kini saatnya Anda mengembangkannya. Cara mengembangkanya cukup mudah. Lihat terlebih dahulu kira-kira siapa target konsumen bisnis Anda. Karena komoditi utama bisnis Anda adalah mainan eduktatif untuk anak-anak, salah satu target bisnis Anda adalah sekolah-sekolah baik TK, Playgroup, dan SD. Promosikan produk-produk mainan anak-anak yang bersifat edukatif  ini secara langsung ke pihak sekolah-sekolah. Selain itu, tambahkan varian produk lain selain mainan anak-anak. Sebut saja contohnya lemari mainan, rak buku, rak sepatu, lemari tas, loker, dan benda-benda penyimpanan lainnya yang bisa ditempatkan di sekolah.

Selain beberapa hal di atas, Pietra juga menyarankan untuk melakukan beberapa hal ini agar menjadi pengusaha sukses. Pertama, perhatikan target bisnis Anda. Untuk siapa produk mainan Anda dibuat?  Sebaiknya tidak membuat mainan yang terbilang sulit atau terlalu mudah bagi anak-anak. Ada baiknya jika Anda buat produk mainan anak-anak yang berlevel-level mulai dari level termudah hingga level tersulit. Kedua, Anda juga dapat berkonsultasi dengan pihak yang ahli soal anak-anak. Misalnya saja psikolog anak, guru, dan orang tua. Ketiga, mulai kembangkan kreatifitas Anda. Ciptakan desain-desain mainan anak-anak yang baru. Bila perlu buatlah mainan yang unik namun tetap bersifat edukatif. Keempat, akan jauh lebih baik jika Anda cantumkan usia target Anda pada kemasan produk mainan anak-anak Anda. Tujuannya agar para orang tua lebih mudah untuk memilih mainan yang tepat untuk seusia anaknya. Kelima, jangan lupa cantumkan juga instruksi penggunaan yang benar dan informasi larangan pada kemasan produk mainan Anda.

peluang usaha, tips, bisnis, mainan anak, panduan

BACA JUGA:

Investasi dengan Modal Minim? Bisa!

6 Langkah Optimalkan Twitter untuk Bisnis

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *