Teropong Bisnis | Homepage
Nama Bisnis dan 4 Pondasi Pentingnya

Nama Bisnis dan 4 Pondasi Pentingnya

0 Comments 🕔25.Mar 2014

Saat memulai sebuah bisnis, ada berbagai hal yang perlu Anda persiapkan. Modal mungkin Anda pandang sebagai hal terpenting. Tetapi, ada satu hal lagi yang tidak kalah penting dibandingkan modal. Hal tersebut adalah nama bisnis Anda.

Nama bisnis mempunyai peranan sangat penting dalam proses promosi usaha Anda. Dengan nama yang menarik, unik dan mudah diingat, maka akan lebih mudah dikenal oleh konsumen. Oleh karena itu, pemilihan nama bisnis menjadi fokus penting dalam mempersiapkan sebuah perusahaan. Pasalnya, nama bisnis ini akan menjadi pembuka kesuksesan bisnis Anda.

Ada 4 hal penting yang perlu Anda perhatikan, saat memilih nama untuk bisnis Anda.

1. Mudah Diucap, Enak Didengar

Pemilihan nama yang enak didengar sangatlah penting. Hal ini akan mempengaruhi kemudahan konsumen dalam mengingat nama bisnis Anda.

Ada beberapa perusahaan yang berhasil memaksimalkan faktor ini. Perusahaan-perusahaan tersebut seperti BlackBerry, Lux, Pepsodent, Teh Botol dan lainnya. Nama-nama ini tidak terlalu sulit diucapkan. Dan, kemudahan diucapkan ini menjadi unsur penting dalam promosi dari mulut ke mulut yang terkenal efektif.

Selain itu, bila dicermati, nama bisnis perusahaan-perusahaan tersebut tidak menggunakan terlalu banyak kata. Maksimal hanya 2 kata. Jadi, daripada memilih nama bisnis “Harapan Jaya Nan Abadi untuk Selamanya”, Anda dapat memilih nama Abadi atau Harapan Jaya saja.

ide usaha, tips, nama bisnis, pondasi, penting

2. Makna

Nama yang Anda pilih untuk produk atau perusahaan Anda mencerminkan dari apa yang diwakilinya. Oleh karena itu, pastikan nama tersebut mempunyai makna yang sesuai dengan bisnis Anda. Pilih nama yang dapat mencerminkan semua hal mengenai bisnis Anda. Dan, pastikan pula, konsumen dapat mengerti apa yang Anda tawarkan hanya dengan membaca nama bisnis Anda.

3. Inisial

Inisial juga dapat digunakan untuk nama bisnis Anda. Contoh suksesnya adalah IBM dan 3M. Kedua perusahaan ini sangat dikenal, meskipun hanya dengan menggunakan inisial.

Untuk Anda yang baru memulai bisnis, Anda harus berhati-hati dalam penggunaan inisial. Hal ini dikarenakan, penggunaan inisial sangat sulit untuk mewakili misi perusahaan, seperti yang disebutkan dalam poin 3 diatas.

Apa yang dilakukan IBM dan 3M sudah dikenal banyak orang. Hal ini pula disebabkan oleh kiprah mereka dalam dunia bisnis sudah sangat lama. Oleh karena itu, mereka tidak bermasalah menggunakan inisial.

4. Legalitas

Legalitas menjadi faktor penting dalam proses penentuan nama bisnis. Tentunya, Anda harus segera mendaftarkan nama bisnis Anda, secepatnya. Bila tidak, Anda mungkin akan mendapatkan banyak masalah hukum di masa mendatang.

Pada dasarnya, pemilihan nama bisnis dapat dilakukan dengan mudah. Kreativitas dan insting bisnis sangat diperlukan disini. Bila Anda merasa tidak mampu, banyak perusahaan yang menyediakan jasa konsultan untuk hal ini. Jadi, Anda tidak ada lagi masalah karena salahnama bisnis Anda.

ide usaha, tips, nama bisnis, pondasi, penting

BACA JUGA:

5 Resep Praktis Mengatur Waktu dalam Bisnis

8 Kunci Rahasia Mendirikan Tambang Keuntungan di Lokasi Bisnis Yang Tepat

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *