Mengenal Karakter Konsumen

Tips dan Konsultasi
Mengenal-Karakter-Konsumen-1

Mengenal-Karakter-Konsumen-2

Keberhasilan Usaha

Memang keberhasilan sebuah usaha tergantung pada banyak hal. Formulanya tidak mudah dan tidak juga sederhana. Tapi dengan tekad dan juga kerja keras, maka Anda pastinya dapat berhasil dalam usaha Anda. Jika usaha berhasil, maka Anda bisa mendapatkan laba seperti yang Anda harapkan.

Anda membutuhkan produk ataupun jasa dengan kulitas yang tidak mudah ditandingi orang lain jika Anda ingin berhasil. Selain itu, Anda juga harus memiliki strategi marketing yang mumpuni untuk membuat Anda mampu menarik perhatian para konsumen. Diskon besar bukanlah satu-satunya cara menarik konsumen, tapi memasang iklan yang menarik ataupun fasilitas lainnya juga bisa menjadi daya tarik.

Selain itu, Anda juga harus memiliki lokasi yang mudah dijangkau oleh konsumen Anda. Ada satu alasan mengapa Jakarta Pusat menjadi tempat yang sangat berkembang. Wilayah ini berada di tengah kota Jakarta sehingga mudah dijangkau dari berbagai daerah Jakarta lainnya.

Tapi bukan itu saja, Anda juga harus mengenal konsumen Anda dan memberikan pelayanan yang terbaik yang bisa Anda berikan. Tapi untuk bisa melakukan itu tidaklah mudah karena itu berarti bahwa Anda harus juga memiliki pengetahuan tentang mereka. Jika Anda tidak mengenal mereka, maka sulit untuk menentukan apa yang mereka butuhkan dan membantu memenuhi kebutuhan mereka tersebut.

Mengenal-Karakter-Konsumen-3

Karakter Konsumen

Walaupun mungkin bersaudara dan berasal dari daerah yang sama, dua orang pelanggan mungkin memiliki karakter yang berbeda, jadi bisa dibayangkan betapa akan beragamnya karakter berbagai pelanggan yang datang ke tempat Anda. Tentunya secara gender, Anda bisa lebih mudah membedakan karena ada pria dan ada wanita.

Pria biasanya berkarakter lebih simple dan tidak bertele-tele. Pria juga sangat jarang memiliki kecenderungan untuk melakukan tawar-menawar. Wanita memiliki karakter yang berbanding terbalik dengan pria dalam hal berbelanja. Mereka lebih teliti, berpikir lebih lama dan sangat pemilih. Selain itu, mereka juga sangat suka tawar-menawar untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan ekonomis. Memang ini menunjukkan bahwa wanita berbelanja karena hobi sedangkan pria melakukannya karena kebutuhan.

Namun jika melihat dari karakter, maka ada tipe pendiam dan cerewet, arogan, kikir dan pemilih. Ini hanyalah sebagian dari karakter yang bisa Anda temui. Tipe pendiam biasanya tidak banyak bertanya, oleh karena itu, Anda harus lebih aktif. Tipe cerewet adalah kebalikannya, jadi Anda harus bersiap untuk lebih banyak mendengarkan. Jika Anda bertemu dengan si tipe sombong, maka sebaiknya Anda suka memujinya dan juga menyetujui pendapatnya.

Sedangkan jika Anda bertemu dengan si tipe pemilih dan juga kikir, maka satu hal yang perlu Anda siapkan adalah data. Untuk meyakinkan dirinya, mereka membutuhkan sebanyak mungkin data dan jika Anda bisa menyediakannya, maka mereka baru akan puas.

Mengenal-Karakter-Konsumen-4

Be Sociable, Share!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *