Teropong Bisnis | Homepage
Mengenal Cara Investasi Saham

Mengenal Cara Investasi Saham

0 Comments 🕔17.Jan 2014

Bursa efek adalah sebuah pasar terorganisasi tempat jual beli surat berharga. Di dalamnya terdapat pialang beserta berbagai aturan yang sudah ditetapkan dalam bursa efek tersebut. Jika diambil sebuah perumpamaan, bursa efek adalah PD Pasar Jaya yang mengelola pasar tempat kios-kiosnya disewakan untuk pedagang. Yang dimaksud dengan pedagang adalah perusahaan efek atau broker. Sedangkan pembelinya dinamakan pemodal atau investor.

Pembeli  (investor) tidak berhubungan secara langsung dengan PD Pasar Jaya, tetapi langsung kepada pedagang (perusahaan efek). Yang berhubungan secara langusung dengan PD Pasar Jaya yaitu para pedagang, notanebe yang memakai kios-kios yang ada.

Prinsipnya adalah, apabila Anda mau melakukan transaksi jual beli saham, maka Anda behubungan secara langsung dengan broker atau yang biasa disebut perusahaan efek yang merupakan anggota bursa. Perusahaan efek mempunyai wakil di bursa efek disebut pialang. Nantinya pialang inilah yang akan menjalankan kegiatan transaksi berdasarkan perintah Anda untuk melakukan penjualan atau pun pembelian. Selain itu, pialang juga bisa memberikan saran atau beberapa nasehat yang berkaitan dengan planing investasi anda. Dan atas jasanya tersebut, Anda diharuskan membayar komisi untuk pialang.

saham, tips investasi, investasi saham, info saham

Apabila Anda memiliki atau membeli sebagian atau seluruh saham dari sebuah perusahaan, berarti Anda ikut memiliki perusahaan tersebut. Dan tentunya Anda juga mempunyai klaim kepada kekayaan atau  pun keuntungan perusahaan. Dengan kepemilikan saham yang diperjualbelikan ini, Anda mempunyai kesempatan untuk bisa menjadi pemilik dari salah satu perusahaan besar yang ada. Dan sebagai pemilik perusahaan, Anda mempunyai hak suara di dalam rapat pemegang saham. Hal ini membuat Anda juga memiliki hak untuk menentukan kebijakan dalam perusahaan tersebut. Bahkan termasuk di dalamnya adalah memberhentikan dan memilih komisaris. Anda juga berhak menerima bagian keuntungan dari perusahaan yang diberikan untuk pemegang saham atau dividen.

Sebagian besar masyarakat masih ragu-ragu untuk melakukan investasi saham dalam bursa efek. Alasannya adalah terlalu beresiko, apabila salah dalam memilih saham, dan sebagainya. Sehingga banyak diantara mereka yang memilih untuk berinvestasi pada bagian yang menurut mereka lebih aman. Dalam berinvestasi, kunci utamanya adalah paham dengan seluk beluk dari perusahaan saham tersebut. Hal yang perlu dipahami adalah laporan keuangan, kondisi perusahaan, dan lain sebagainya. Semua informasi terkait dengan saham yang hendak Anda pilih tersedia sangat banyak di koran atau majalah.

Saat Anda sudah memutuskan untuk membeli sebuah saham pada salah satu perusahaan efek di bursa efek, Anda sudah resmi menjadi bagian salah satu dari pemilik perusahaan tersebut. Dengan begitu, apabila kinerja perusahaan bagus, Anda akan memperoleh dividen atau keuntungan. Hal ini akan membuat harga saham Anda menjadi naik. Namun apabila kinerja perusahaan buruk, terjadi sebaliknya. Nilai investasi Anda akan mengalami penurunan.

saham, tips investasi, investasi saham, info saham

BACA JUGA:

Investasi Yang Tepat Untuk Persiapan Pensiun

 Tentukan Harga Produk Dengan 3 Kunci Mudah

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *