Teropong Bisnis | Homepage
Mengembangkan Bisnis Tanpa Pinjaman Dari Bank

Mengembangkan Bisnis Tanpa Pinjaman Dari Bank

0 Comments 🕔03.Jan 2014

Setelah bisnis Anda berjalan, bukan berarti tugas Anda selesai. Tugas selanjutnya adalah memikirkan pengembangan bisnis tersebut. Bagi pebisnis khususnya pebisnis pemula, mengembangkan bisnis bukanlah perkara mudah bahkan biasanya sangat sulit. Namun, hal tersebut bukanlah mustahil untuk dilakukan asalkan Anda tahu ilmunya.

Berikut ini cara mengembangkan bisnis yang patut Anda lakukan pada bisnis yang sedang Anda jalankan. Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis adalah dengan mempersiapkan modal. Moda bisa didapat dari beberapa sumber termasuk meminjam dari bank.

Lalu, bagaimana cara mengembangkan bisnis tanpa melakukan pinjaman dari pihak bank. Sebenarnya, hal ini juga sangat mungkin untuk dilakukan. Untuk merealisasikan pengembangan bisnis tanpa pinjaman bank, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa arus kas bisnis sudah stabil dan tidak ada masalah.

Memang, nilai keberhasilan sebuah bisnis umumnya adalah besar profit yang didapat. Namun, arus kas tidak kalah pentingnya sebagai penentu keberhasilan bisnis. Jika arus kas Anda baik maka bisnis Anda juga akan baik dan sehat. Jika setelah memeriksa neraca keuangan ternyata kas bisnis Anda kosong maka hal tersebut merupakan pertanda buruk.

Ini juga bukan berarti Anda harus meminjam pihak bank. Jangan memaksakan diri untuk meminjam bank jika memang tidak memungkinkan. Jika Anda memaksakan hal tersebut, justru akan berakibat fatal bagi bisnis Anda. Ini karena Anda harus menghadapi beban bunga yang tidak sedikit dan bayangkan jika ternyata Anda tidak bisa mengatasi masalah bunga tersebut.

modal usaha

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara lain seperti mencari angel investor atau rekan bisnis yang memang memiliki dana lebih. Jika memungkinkan, Anda bisa mencari hibah dana bisnis seperti dana dari CSR perusahaan, dana bergulir dari pemerintah atau dana bantuan lain yang memang difokuskan untuk pengembangan bisnis.

Sebelum itu, Anda juga harus terus menguatkan kredibilitas bisnis Anda. Semakin bisnis Anda dipercaya maka modal akan deras mengalir. Faktanya, dengan meningkatkan kredibilitas bisnis itu artinya Anda sedang membuktikan pada pemilik modal untuk menginvestasikan dana mereka pada bisnis Anda tersebut.

Jika sudah, cara mengembangkan bisnis selanjutnya adalah mengajukan proposal bisnis. Cari referensi penulisan atau pengajuan proposal bisnis yang baik. Usahakan untuk membuat proposal bisnis yang menarik perhatian para pemilik modal sehingga mereka mau mengeluarkan pinjaman lunak tersebut. Hal ini juga terkait dengan kredibilitas bisnis yang sedang Anda jalankan.

Sangat jelas jika mereka tidak ingin rugi hanya karena memberikan investasi dana kepada bisnis yang salah. Setelah mempelajari cara mengembangkan bisnis di atas, kini saatnya Anda terapkan cara-cara tersebut. Lakukan secara mendetail sehingga hasilnya juga akan lebih maksimal untuk kelangsungan bisnis Anda sekarang dan di masa depan.

modal usaha

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *