Teropong Bisnis | Homepage
Mengatasi Keluhan Pelanggan untuk Perkembangan Bisnis Anda

Mengatasi Keluhan Pelanggan untuk Perkembangan Bisnis Anda

0 Comments 🕔16.Aug 2014

Sebagai seorang pebisnis, apa yang ada di benak Anda ketika salah seorang pelanggan mengeluh tentang pelayanan atau produk yang Anda tawarkan? Apakah Anda akan marah, tidak merespon, menggerutu, atau bahkan lari dari tanggung jawab jika memang kesalahan tersebut dari pihak Anda? Perlu Anda ketahui bahwa bisnis tidak akan selalu berjalan mulus dan akan ada masalah termasuk keluhan dari pelanggan.

Namun, tidak selamanya keluhan dari pelanggan adalah hal buruk. Justru sebaliknya, keluhan pelanggan bisa menjadi acuan kemajuan bisnis Anda. Lalu, apa saja yang harus Anda lakukan untuk mengatasi keluhan pelanggan?

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi keluhan pelanggan adalah dengan mendengarkan dengan baik-baik keluhan tersebut. Semakin lengkap cerita pelanggan akan semakin baik karena Anda bisa mengetahui duduk permasalahan yang sebenarnya.

Jika perlu, sediakan layanan khusus untuk keluhan pelanggan sehingga Anda tahu bagaimana sebenarnya pendapat produk dan layanan Anda selama ini. Setelah mendengarkan, barulah Anda bisa mulai mengajukan pertanyaan klarifikasi sekaligus membantu pelanggan tersebut untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

Dengan begitu pelanggan akan merasa didengarkan dan puas walaupun sempat mengeluh. Selanjutnya, Anda harus segera menindaklanjuti semua keluhan yang masuk. Tindak lanjut awal adalah dengan memilih dan memilah semua keluhan yang masuk.

Tidak semua keluhan harus ditindaklanjuti. Buatlah skala prioritas kecil, sedang dan besar untuk mengelompokkan keluhan mana yang harus ditindaklanjuti terlebih dahulu. Secara tidak langsung, jika Anda berhasil mengatasi masalah pelanggan tersebut bisnis Anda juga akan mengalami pendewasaan atau kemajuan yang berarti.

Ingat! Tidak semua keluhan dari pelanggan itu jelek. Sembari menindaklanjuti, jangan lupa untuk menginformasikan kepada pelanggan yang bersangkutan bahwa keluhan mereka sedang ditidaklanjuti.

Berikan detail tindak lanjut yang dilakukan oleh pihak Anda dan jangka waktu penyelesaian jika diperlukan. Menanggapi adalah hal penting saat pelanggan Anda mengeluh mengenai pelayanan atau produk Anda.

Jika sudah mulai banyak keluhan, jadikan keluhan tersebut sebagai pelecut untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu dan kualitas produk serta pelayanan Anda. Dalam mengatasi keluhan pelanggan, Anda perlu memastikan bahwa pelanggan tidak menunggu tanggapan terlalu lama.

Walaupun sudah memberikan tanggapan, Anda juga harus memastikan bahwa tanggapan yang Anda berikan tidak terlalu panjang atau terlalu berbelit-belit. Walaupun pelanggan salah tapi jangan memberikan tanggapan yang menyalahkan pelanggan.

Carilah cara yang baik untuk menjelaskan sehingga pelanggan Anda mendapatkan solusi bukan disalahkan tanpa solusi. Keluhan tidak perlu ditanggapi dengan amarah. Justru ucapkan terima kasih kepada pelanggan yang mengeluh tersebut karena itu artinya mereka sangat peduli terhadap bisnis Anda.

Jika semua sudah Anda lakukan, amati perbaikan yang terjadi baik perbaikan dari sisi pelanggan dan tentunya bagi bisnis Anda. Terbukti bahwa keluhan tidak selalu menjatuhkan asal Anda mengetahui cara mengatasinya.

Two businessmen having an argument

Baca Juga :

Jenis Bisnis Untuk Karyawan yang Mudah dan Menguntungkan

5 Trik Khusus Menghadapi Komplain Pelanggan

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *