Teropong Bisnis | Homepage
Mendirikan Sebuah Bisnis Itu Mudah, Tapi…

Mendirikan Sebuah Bisnis Itu Mudah, Tapi…

0 Comments 🕔31.May 2014

Bila banyak orang berpikir bahwa mendirikan sebuah bisnis merupakan hal yang sangat sulit, maka tidak demikian dengan apa yang dikatakan Agung Adiprasetyo. Agung sendiri adalah Chief Executive Officer (CEO) Kompas Gramedia. Beliau mengatakan bahwa mendirikan sebuah perusahaan adalah hal yang mudah. Namun, yang menjadi tantangan adalah bagaimana mempertahankan dan mengembangkannya.

Menurut Agung, dibutuhkan kecerdasan dan ketekunan untuk membuat sebuah bisnis menjadi berkembang dan sukses. Hal ini Beliau sampaikan saat peluncuran buku “Saksi Mata” di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Buku Saksi Mata sendiri adalah buku yang menceritakan kisah sukses FIF Group, anak perusahaan Astra International Tbk. Didalam buku ini terdapat semua perjuangan FIF Group mulai dari nol hingga sukses sampai sekarang. Selain itu, dikemukakan pula keberhasilan FIF Group dalam memberdayakan maysarakat.

Buku ini sendiri diluncurkan untuk memperingati 25 tahun kiprah FIF Group dalam industri jasa pembiayaan kendaraan di Indonesia. Agung sendiri mengungkapkan umur 25 tahun ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa oleh sebuah perusahaan.

Menurut Agung, untuk mendirikan sebuah bisnis yang hebat dibutuhkan tim yang solid dan kuat di belakangnya. Memang, kata tim terdengar biasa dan simpel. Namun, makna kata ini sangat luar biasa.

Agung juga mengungkapkan, bila didalam sebuah tim tidak ada orang yang paling hebat. Yang ada hanyalah sebuah kelompok yang hebat.

Selain tim, Agung juga mengungkapkan, perusahaan harus mempunyai kultur yang kuat. Yang pertama adalah kultur juara, dimana semua pihak didalamnya ingin perusahaan menjadi yang terbaik. Lalu ada juga kultur pencapaian, dimana pebisnis selalu ingin menjadi lebih baik. Dan, yang terakhir adalah kultur moving forward, yaitu selalu ingin maju ke depan.

Pada dasarnya, tantangan terberat dalam mengembangkan sebuah perusahaan adalah diri kita sendiri. Bila kita tidak mampu, maka kultur sukses diatas tidak akan dapat dilakukan.

Buku ini juga menjadi salah satu alat untuk memacu semangat karyawan dan orang banyak. Dengan buku ini, mereka akan mempunyai motivasi untuk sukses dan maju ke depan. Agung menyampaikan terima kasih kepada FIF Group, karena tim Gramedia sudah dipercaya untuk menulis buku ini.

CEO FIF Group, Suhartono mengatakan perjalanan 25 tahun mendirikan sebuah bisnis bukannya tanpa hambatan. Namun, semua pihak di dalam perusahaan ini mempunyai semangat yang luar biasa. Hal ini pulalah yang menyebabkan perusahaan dapat berhasil dan sukses sampai sekarang.

Suhartono juga mengungkapkan, pihaknya juga membuat program untuk masyarakat, seperti program Community Social Responsibility (CSR). Program ini bergerak di bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan. Sebagian dari keuntungan perusahaan digunakan untuk program ini. Jadi, masyarakat pun dapat merasakan hasil kerja keras perusahaan ini, seperti dengan adanya beasiswa untuk SD hingga Perguruan Tinggi, pelatihan guru dan lainnya.

Perusahaan ini juga mendirikan departemen CSR untuk mengefektifkan program ini. Saat ini, sudah ada 4 juta customer FIF Group dan laba bersih perusahaan mencapai Rp. 1,25 trilun pada akhir 2013.

medirikan bisnis, memulai bisnis, mempertahankan bisnis, peluang usaha, ide bisnis

BACA JUGA:

6 Tempat Terbaik Memancing Ide Peluang Bisnis

5 Kunci Penting, Membuat Usaha Anda Sukses

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *