Teropong Bisnis | Homepage
Mendapatkan Pelanggan di Hari Pertama Membuka Bisnis dengan Mudah

Mendapatkan Pelanggan di Hari Pertama Membuka Bisnis dengan Mudah

0 Comments 🕔28.Mar 2014

Sebelum menjalankan sebuah bisnis, Anda perlu mempersiapkannya dengan matang. Dalam hal ini persiapan matang adalah rencana awal agar bisnis Anda bisa menarik pelanggan sejak pertama kali dibuka. Tentunya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan pelanggan di hari pertama membuka bisnis.

Hal dasar yang perlu Anda ketahui adalah mengenali kelebihan dari bisnis Anda terlebih dahulu. Setidaknya, Anda harus tahu mengapa pembeli harus membeli produk Anda serta apa yang membedakan bisnis dan produk Anda dengan milik pesaing.

Jika Anda sudah tahu dan mengaplikasikannya dengan benar maka Anda akan langsung melayani pembeli di hari pertama Anda membuka bisnis. Namun, mengenali bisnis Anda sendiri tidaklah cukup, Anda juga harus mengenali pelanggan Anda. Anda harus tahu apa sebenarnya yang diminta oleh pelanggan kemudian sebisa mungkin penuhi permintaan tersebut.

Kalaupun akhirnya Anda tidak bisa memenuhi permintaan mereka maka berikan penjelasan yang masuk akal hingga mereka puas. Dengan begitu mereka akan puas dengan pelayanan Anda dan kemungkinan besar akan merekomendasikan produk Anda jika teman atau keluarga membutuhkan produk tersebut. Fokuskan juga pada pelanggan yang memang menghargai Anda.

tips, konsultasi, pelanggan, ide bisnis, membuka bisnis

Jika mereka mengkomplain pun dengan cara yang baik dan dengan tujuan agar bisnis Anda semakin berkembang. Dengan begitu Anda bisa langsung mendapatkan pelanggan di hari pertama membuka bisnis. Pesan dari produk dan bisnis Anda juga harus sampai dengan tepat sasaran. Intinya, Anda harus menyampaikan pesan dari produk dan bisnis Anda dengan tepat dan kepada pelanggan yang tepat pula.

Berikan informasi yang jelas mengenai keunggulan produk dan jasa milik Anda. Usahakan pesan yang Anda sampaikan tidak hanya jelas tetapi juga singkat. Fokuskan pada apa yang ingin mereka dengar dan memang sedang membutuhkan produk yang Anda tawarkan.

Pastinya, penyampaian pesan ini memerlukan kreativitas yang tinggi agar pembeli tertarik dan kemudian membeli atau menggunakan produk Anda. Jika perlu, Anda bisa menyertakan bukti-bukti pendukung yang menguatkan pesan promosi Anda tersebut.

Anda bisa menyertakan portfolio produk atau komentar positif dari pelanggan yang sudah pernah membeli dan menggunakan produk tersebut. Bahkan, jika perlu Anda bisa memberikan perbandingan antara produk Anda dan produk pesaing Anda.

Memang, hal-hal teknis semacam ini memerlukan biaya yang tidak sedikit. Yang perlu Anda ingat adalah gunakan biaya promo sesuai dengan dana yang Anda miliki. Jangan sampai mengeluarkan sebagian besar biaya hanya untuk promosi. Pastikan bahwa biaya promosi tersebut memang sudah sesuai dengan target yang akan Anda kejar.

Tidak mengapa jika Anda mulai dari jangkauan yang paling dekat terlebih dahulu karena bisa jadi lebih memiliki prospek setelah itu baru dikembangkan. Lakukan penjelasan di atas secara cermat maka mendapatkan pelanggan di hari pertama membuka bisnis tidaklah sulit untuk dilakukan.

tips, konsultasi, pelanggan, ide bisnis, membuka bisnis

BACA JUGA:

5 Resep Praktis Mengatur Waktu dalam Bisnis

Nama Bisnis dan 4 Pondasi Pentingnya

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *