Teropong Bisnis | Homepage
Mencoba Bereksadana Via Manajer Investasi atau pun Bank

Mencoba Bereksadana Via Manajer Investasi atau pun Bank

0 Comments 🕔21.Apr 2013

Bagi Anda yang sering berinvestasi, tentunya Anda sangat familiar dengan istilah reksadana. Bahkan Anda mungkin salah seorang pelaku reksadana. Karena reksadana bukanlah istilah asing bagi Anda, Anda sering menggunakannya sebagai salah satu cara ampuh untuk berinvestasi dengan modal yang rendah. Ada beberapa keuntungan reksadana yang biasa Anda aplikasikan. Pengelolaan yang relatif transparan dan hasil investasi yang cukup menjanjikan jika dibandingkan dengan investasi-investasi tradisional lainnya.

Namun sayangnya beberapa keuntungan di atas masih terhambat untuk didapatkan oleh para investor reksadana karena terbatasnya lokasi manajer investasi atau lebih familiar dengan sebutan MI di Indonesia yang belum tersebar rata. Tentu saja hal ini menjadi kendala utama bagi siapa pun yang sedang dan ingin berinvestasi dengan menggunakan sistem reksadana.

Peranan MI dan Bank pada Investasi Reksadana

Namun kini kendala tersebut sudah bisa diatasi dengan adanya kerjasama antara MI dan pihak perbankan untuk melakukan transaksi penjualan. Dengan adanya solusi baru ini, para investor yang ingin mencoba berinvestasi dengan menggunakan sistem reksadana bisa menggunakan jasa perbankan yang kini juga berperan sebagai agen yang menjual produk-produk investasi yang dibutuhkan oleh para investor. Menurut sebuah sumber, kini di Indonesia terdapat lima lembaga  perbabkan besar yang menyediakan produk-produk investasi yang diinginkan oleh para investor. Tentunya dengan menggunakan jasa lima perbankan tersebut, para investor tidak akan lagi menemukan kesulitan dalam mencari dan melakukan transaksi jual beli produk-produk investasi karena lokasi bank (cabang-cabang bank yang bersangkutan) yang tersebar luas di berbagai wilayah Indonesia.

Meskipun sudah banyak cabang-cabang bank yang tersebar di berbagai pelosok negeri, sayangnya tidak semua cabang bisa melakukan fungsinya sebagai agen investasi. Hal ini disebabkan oleh karena belum adanya izin di cabang-cabang bank tertentu untuk melakukan transaksi penjualan produk-produk investasi. Sebagai contoh, cabang bank dekat rumah Anda mungkin belum bisa melayani Anda untuk bertransaksi dalam hal penjualan produk-produk investasi. Namun bukan berarti Anda tidak diperbolehkan untuk mengetahui bagaimana cara membeli produk-produk investasi. Pihak bank akan memberikan info yang sangat informatif seputar cara-cara jual beli produk-produk investasi.

Persamaan Pelayanan Pihak Bank dan MI

Pada dasarnya membeli produk investasi reksadana baik melalui agen (pihak bank yang berwenang) maupun melalui manajer investasi (MI) sama saja. Anda para calon investor hanya perlu mengajukan beberapa dokumen yang disyaratkan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), alamat tempat tinggal saat ini dan beberapa dokumen persyaratan lainnya. Harga yang ditawarkan pun sama termasuk diantaranya adalah cut off time atau periode maksimal transaksi yang biasanya sekitar jam 13.00.

Jika waktu transaksi yang Anda lakukan sebelum pukul 13.00, maka harga produk investasi yang berlaku adalah harga produk pada hari tersebut. Namun jika Anda melakukan transaksi setelah pukul 13.00, maka harga produk investasi yang berlaku adalah harga produk esok hari.

Gambar: intisarionline

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *