Teropong Bisnis | Homepage
Mencari Modal untuk Pengusaha Muda

Mencari Modal untuk Pengusaha Muda

0 Comments 🕔22.Jul 2013

Mencari-Modal-untuk-Pengusaha-Muda-1

Bagi pengusaha muda yang baru akan merintis sebuah bisnis tentu tak mudah mendapatkan modal untuk membangun bisnisnya. Apalagi jika bisnis yang akan dirintis membutuhkan modal yang cukup besar. Padahal modal dalam sebuah bisnis memiliki peran yang sangat penting dan bahkan bisa dikatakan sebagai point terpenting nomor satu dalam mendirikan suatu bisnis/ usaha. Senbagai pengusaha muda yang notabene belum memiliki pengalaman berbisnis yang cukup besar harus pandai bagaimana caranya mendapatkan modal usaha tanpa harus membawa kerugian bagi dirinya kelak. Berikut ini ada beberapa sumber modal yang bisa dipraktikan oleh kamu para pengusaha muda.

Modal sendiri/ swadana

Modal  sendiri ini atau swadana ini bisa didapatkan dari tabungan, hasil pennjualan aset pribadi, dan uang tunai yang dimiliki. Akan jauh lebih baik jika kamu jauh-jauh hari menabung jika memang berencana ingin merintis sebuah bisnis/ usaha. Modal dari dana pribadi ini dinilai sebagai cara memulai bisnis yang terbaik dibandingkan dengan cara berhutang pada bank atau orang lain karena jika suatu saat bisnisnya sukses, kamu sebagai pemilik sekaligus pengelola akan bangga luar biasa.

Modal Investasi

Modal ini didapatkan saat awal pembukaan usaha/ bisnis. Biasanya modal investasi ini digunakan untuk modal jangka panjang . Sebut saja untuk modal bangunan/ruko, biaya promosi, dan masih banyak contoh pembiayaan jangka panjang lainnya. Tak heran jika modal yang dibutuhkan untuk pembiayaan  jangka panjang sangatlah besar.

Modal dari bantuan teman atau keluarga

Selain dari kantung pribadi dan investasi, modal usaha juga bisa didapat dari pinjaman dari teman atau keluarga. Namun karena meminjam dana dari teman atau keluarga,  biasanya modal ini jumlahnya tak terlalu besar dan bersifat tambahan saja. Khusus untuk sumber dana yang satu ini, sebaiknya hindari meminjam modal usaha pada teman atau keluarga secara kontinu karena akan membuat kamu tidak mandiri alias bergantung terus pada teman atau keluarga kamu.

Modal Pinjaman

Cara lainnya mendapatkan modal usaha adalah dengan meminjam sejumlah dana pada lembaga keuangan seperti bank. Saat ini sudah banyak bank-bank di Indonesia yang menyediakan layanan pinjaman khusus untuk bisnis/ usaha terutama khusus untuk kegiatan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Peminjaman dana pada bank ini tentu saja tidak gratis.

Perlu adanya jaminan dari kamu selaku pemilik dan pengelola  bisnis seperti surat-surat berharga dan lain sebagainya. Satu hal yang perlu kamu perhatikan bahwa sebaiknya pilih bank yang memberlakukan bunga pinjaman yang rendah agar kamu tak  keberatan dalam membayar hutang pinjaman beserta bunganya.

Mencari-Modal-untuk-Pengusaha-Muda-4

Sistem bagi hasil

Cara ini juga bisa menjadi alternatif  terbaik bagi kamu yang saat ini  sedang membutuhkan dana sebagai modal usaha. Sistem bagi hasil ini merupakan wujud kerjasama dengan satu atau beberapa pihak lain dengan menjunjung tinggi perjanjian yang sudah disepakati sebelumnya. Misalnya saja kamu berperan aktif dalam hal tenaga dan konsep, sedangkan rekan bisnis kamu hanya berperan sebagai investor atau penyedia dana saja.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *