Teropong Bisnis | Homepage
Menaikkan Harga Tanpa Kehilangan Pelanggan? Ikuti 3 Langkah Jitu Berikut

Menaikkan Harga Tanpa Kehilangan Pelanggan? Ikuti 3 Langkah Jitu Berikut

0 Comments 🕔24.Dec 2013

Saat Anda membeli barang atau menggunakan layanan, ada beberapa faktor yang Anda gunakan sebagai dasar pertimbangan. Salah satunya adalah harga. Bahkan, sebagian besar orang menggunakan harga ini sebagai dasar utama saat mereka akan membeli produk atau menggunakan suatu jasa.

Hal diatas dapat menjadi masalah bagi pemilik usaha. Dengan naiknya harga kebutuhan pokok, maka untuk menutupi biaya produksi yang semakin tinggi, para pemilik usaha ini terpaksa menaikkan harga produk atau layanan mereka. Disini ada kekhawatiran bahwa pelanggan setia mereka akan  meninggalkan mereka karena kenaikan harga ini.

Memang, segala sesuatu tentang harga sangatlah penting dalam dunia bisnis sekarang ini. Anda tentunya tidak mau merugi karena biaya produksi, hanya karena ingin mempertahankan harga dan pelanggan Anda bukan. Jadi, diperlukan persiapan dan kehati-hatian sebelum Anda memutuskan untuk menaikkan harga produk atau layanan Anda.

Akan tetapi, ada 3 tips yang dapat Anda gunakan untuk menaikkan harga produk atau layanan Anda, tanpa khawatir akan kehilangan pelanggan Anda. Berikut tipsnya yang dikutip dari Inc.com.

1. Pelanggan Adalah Orang Yang Pertama Tahu

Hal ini sangatlah penting, karena dengan menjadikan pelanggan Anda orang yang pertama tahu tentang keputusan Anda menaikkan harga, maka mereka akan merasa dipercaya. Jadi, Anda harus membuat pengumuman yang sangat jelas dan detail mengenai kapan Anda akan menaikkan harga produk Anda. Contohnya mulai minggu depan atau bulan depan atau dengan tanggal yang pasti pula.

Selain pemberian informasi, Anda juga perlu menjelaskan mengapa Anda ingin menaikkan harga. Beri penjelasan yang logis agar pelanggan Anda dapat menerima dan tetap terpuaskan dengan produk Anda.

tips buka usaha

2. Kualitas Produk

Ada banyak pebisnis yang ingin menaikkan harga produk atau layanan mereka tanpa menaikkan kualitas produk dan layanan mereka. Bahkan, sebagian dari mereka menurunkan kualitas produk dan layanan mereka. Hal ini tentunya tidak tepat. Pelanggan akan tahu dan merasa bahwa harga yang dipasang tidak sesuai dengan apa yang mereka dapatkan.

Jadi, Anda harus mengimbangi kenaikan harga ini dengan peningkatan kualitas. Dengan begini, pelanggan Anda akan puas dan menerima keputusan menaikkan harga Anda.

3. Pilihan Alternatif

Sediakan juga pilihan alternatif untuk produk dan layanan Anda. Dengan demikian, pelanggan Anda dapat memperhitungkan harga yang ingin dan mampu mereka bayar. Di lain sisi, Anda juga tidak akan mengalami kerugian.

Salah satu contoh pilihan alternatif ini adalah penyediaan pilihan paket hemat. Banyak perusahaan besar yang melakukan hal ini. Dan, mereka sukses membuat pelanggan mereka tetap setia dengan produk atau layanan yang mereka sediakan.

Sekarang, Anda tidak perlu lagi khawatir, bila Anda ingin menaikkan harga. Dengan tips diatas, Anda dapat melakukannya tanpa kehilangan pelanggan. Dan, tentunya hal ini dapat membuat usaha Anda lebih berkembang dan bertahan.

tips buka usaha

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *