Teropong Bisnis | Homepage
Memulai Usaha Tanpa Batasan Apapun, Termasuk Umur

Memulai Usaha Tanpa Batasan Apapun, Termasuk Umur

0 Comments 🕔05.Nov 2013

Banyak investor yang lebih memilih pengusaha muda untuk menanamkan uang mereka. Hal ini sangat wajar, karena para investor ini ingin mendapatkan the next big thing, semacam Bill Gates, Steve Jobs, Michael Dell, Marck Zuckerberg dan pengusaha sukses lainnya yang memulai perusahaan mereka saat mereka berusia 20 tahunan.

Tapi, bila Anda berusia 30 atau 40 tahun, bukan berarti Anda tidak dapat memulai usaha. Seperti yang dikemukakan dalam buku Breakthrough Entrepreneurship, terdapat keuntungan dan kelemahan usia muda dalam dunia usaha.

  1. Muda Punya Ide Lebih Cemerlang

Brin, Zuckerberg, Page dan pengusaha muda lainnya sukses karena mampu mengaplikasikan ide dan talenta mereka pada teknologi terbaru. Memang, kebanyakan anak muda yang lebih peka terhadap hal semacam ini. Tetapi, bukan berarti Anda tidak bisa bila usia Anda sudah tidak muda lagi. Yang diperlukan adalah kemampuan Anda untuk mengembangkan kepekaan Anda terhadap kebutuhan pasar.

Contohnya, seorang manajer produk Cisco System berusia 50 tahun dengan pelanggan yang setia menggunakan produk Cisco, dapat menjadi sukses bila mau mengembangkan pengalaman mereka menggunakan produk ini.

  1. Muda Tidak Tahu Apa Yang Tidak Boleh Dilakukan

Banyak orang berpikir bahwa pengusaha muda tidak dapat mengatasi perubahan yang terjadi, karena tidak mempunyai cukup pengalaman. Padahal, seorang pengusahan sejati adalah mereka yang mau terus mencoba dan menguji ide mereka untuk menghasilkan sesuatu yang besar.

  1.  Muda dengan Fokus Besar

Memang, banyak contoh pengusaha muda di Silicon Valley, seperti Darian Shirazi dari Fwix yang mampu menyulap rumah mereka menjadi tempat bekerja mereka. Darian bahkan mengatakan bahwa mereka dapat menghasilkan produk lebih banyak dengan ini. Mereka mampu melakukan hal ini karena fokus mereka 100% pada  hal yang dikerjakan.

Tapi, pertanyaannya, sampai berapa lama? Mau tidak mau, pekerjaan ini akan mempengaruhi kehidupan mereka. Dan, disini dibutuhkan manajemen waktu dan aktivitas yang baik. Sayangnya, banyak pengusaha muda tidak memiliki hal ini.

  1. Muda dan Lebih Lincah

Pengusaha muda belum tentu memiliki kemampuan untuk cepat belajar dan memindahkan pivot perusahaan secara fleksibel. Hal ini sangatlah penting untuk memulai usaha.

Contohnya, Robin Chase yang memulai usaha sukses Zipcar saat berusia 40 tahun. Dia harus memindahkan pivot bisnisnya untuk mencapai posisi breakeven. Banyak orang memandang hal ini sebagai langkah yang tidak tepat. Tapi, dengan pengalaman Chase, dia berhasil dan menjadikan ZipCar sangat sukses.

Disini, yang dibutuhkan adalah mental. Mental untuk mengambil keputusan dan tahu resiko dari keputusan tersebut.

  1. Muda Rendah Biaya

Memang, banyak pengusaha muda yang memilik overhead keuangan yang rendah, yang sangat baik untuk dunia bisnis. Tetapi, uang bukan segalanya disini. Hubungan satu sama lain, melakukan hal yang berguna dan lainny dapat menjadi sesuatu yang sangat berharga. Jadi, cukup hindari jebakan konsumerisme.

KFC dibuka saat pendirinya, Harlan Sanders berusia 62 tahun. Wal-Mart mulai beroperasi tahun 1962, saat pemiliknya, Sam Walton berusia 44 tahun. Artinya, tua muda bukanlah menjadi masalah saat memulai usaha. Yang diperlukan adalah kemampuan mengembangkan ide Anda.

 

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *