Teropong Bisnis | Homepage
Memulai Sukses dari Usaha dan Hobi

Memulai Sukses dari Usaha dan Hobi

0 Comments 🕔03.Oct 2013

Memulai satu kesuksesan tidaklah mudah namun bisa dilakukan oleh siapa saja. Terkadang ada rasa jenuh yang datang dan pergi begitu saja dan setiap individu harus bisa mengatasinya. Salah satu ide untuk bisa meraih sukses dan tidak terlalu terbebani dengan keinginan untuk sukses adalah hobi. Usaha dan hobi bisa dijadikan satu kesatuan bisnis yang menguntungkan.

Anda pasti memiliki hobi atau kegemaran tersendiri. Hal ini bisa dijadikan satu hal yang menarik dan menyenangkan untuk dilakukan. Satu contoh adalah jika Anda memiliki hobi menanam tanaman dan hias. Pernahkah Anda berpikir untuk bisa menerapkan hobi Anda ke dalam bentuk bisnis?

Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan ide ini. Saat Anda memiliki hobi, Anda pasti memiliki pengetahuan yang sangat memadai untuk bisa memulai bisnis. Yang Anda butuhkan selanjutnya adalah persiapan dan juga strategi yang tepat agar bisnis bisa dijalankan dengan lancar.

1. Mulai Berbisnis

Untuk memulai bisnis, diperlukan persiapan yang matang. Anda harus bisa membuat satu rencana bisnis yang baik untuk Anda. Anda perlu menyiapkan lokasi untuk bisnis dan usahakan berada pada tempat yang strategis. Menyewa lahan pinggir jalan ataupun halaman rumah bisa dijadikan tempat yang tepat untuk memulai usaha.

Memilih tanaman hias yang akan dijual penting untuk dilakukan. Untuk menjalankan usaha dan hobi menanam dan memelihara tanaman hias, perlu ada jenis tanaman tertentu yang akan dengan jelas ditawarkan pada pembeli. Pikir baik-baik biaya operasional yang dibutuhkan oleh setiap tanaman. Anda juga perlu memntapkan konsep bisnis dan melakukan promosi.

2. Hambatan dalam Bisnis

Hambatan dan resiko dalam bisnis pasti akan datang. Untuk bisnis tanaman hias, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Contoh, tanaman hias bisa saja mati atau terbengkalai karena Anda sibuk untuk mengurus ragam tanaman dan bisnis. Cuaca juga terkadang kurang bersahabat.

Pengusaha tanaman hias tidak hanya Anda dan karena itulah Anda harus siap menghadapi kompetisi. Persaingan tidak bisa dihindari dan terkadang pasar sepi dari pembeli. Maka dari itu, sebagai pengusaha, Anda harus bisa membaca situasi dan menerapkan strategi bisnis yang efektif.

3. Terapkan Strategi

Menerapkan strategi bisnis yang tepat akan sangat membantu. Anda bisa menggunakan beragam media seperti situs sosial, Koran, radio dan masih banyak lagi. Anda juga bisa memberikan layanan khusus yang tidak diberikan oleh penjual lainnya. Misalnya Anda memberikan layanan gratis untuk mengantar tanaman yang dibeli hingga ke rumah pembeli.

Strategi lain yang bisa Anda lakukan adalah meningkatkan kualitas pemasaran tanaman dengan mengikuti ragam pameran dan ikut bergabung dalam satu komunitas tanaman hias. Jika Anda memang hobi menanam tanaman hias, Anda pasti sudah tahu bagaimana caranya untuk meningkatkan kualitas tanaman. Usaha dan hobi berhubungan dan bisa saling menguntungkan untuk Anda.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *