Teropong Bisnis | Homepage
Membangun Komunitas Untuk Merek Bisnis Yang Maksimal

Membangun Komunitas Untuk Merek Bisnis Yang Maksimal

0 Comments 🕔28.Feb 2014

Komunitas konsumen memiliki peran penting dalam membangun bisnis Anda. Di sisi lain, menjaga agar komunitas ini tetap berjalan mendukung bisnis Anda tidaklah mudah. Namun, mempertahankan komunitas konsumen untuk terus mendukung bisnis Anda jugalah bukan hal yang mustahil. Tentu hal ini tidak bisa dibangun secara instant.

Anda perlu mempelajari bagaimana membangun komunitas untuk merek bisnis yang sedang Anda jalankan. Untuk membangun sebuah komunitas konsumen yang solid, Anda harus membiarkan interaksi antar anggota terbangun dengan baik. Salah satu ciri yang tampak adalah mereka senang berdiskusi dengan orang yang memang memiliki pemikiran dan sikap yang sama.

Ambil kesempatan ini untuk mengumpulkan mereka dalam satu acara seperti konferensi atau forum. Setidaknya, dengan acara semacam ini, mereka bisa bertukar pikiran untuk saling belajar dari yang lain. Jika mereka sudah mulai solid, Anda bisa mulai melakukan pemasaran. Perlu Anda ingat bahwa membangun komunitas untuk merek bisnis bukan lantas membombardir mereka dengan berbagai produk yang Anda tawarkan.

Dalam hal ini, Anda hanya perlu memasarkan keunggulan yang Anda punya baik dari produk atau layanan yang ada. Yang mereka butuhkan adalah keyakinan akan keuntungan yang mereka dapatkan setelah menggunakan produk atau layanan Anda. Umumkan pula prestasi konsumen dalam bentuk tertulis sama dengan saat Anda mempromosikan prestasi atau pencapaian yang Anda raih.

komunikasi, bisnis, pelanggan, merek, usaha

Karena komunitas konsumen Anda juga manusia, maka Anda harus mengijinkan mereka untuk berbicara dan berkomunikasi dengan sesamanya. Biasanya, sebagai komunitas dengan ketertarikan yang sama, mereka akan mendiskusikan produk dan layanan yang Anda berikan. Media yang umum digunakan adalah forum-forum publik seperti jejaring sosial atau media massa lainnya.

Tahan staf Anda untuk berbicara dan menyela mereka. Biarkan mereka mewakili membicarakan produk Anda tersebut. Walaupun ini juga sangat berisiko tapi setidaknya ini membuat calon pembeli atau pelanggan Anda lebih yakin. Calon pembeli akan lebih yakin jika ia mendapatkan info dari pembeli lain yang sudah pernah merasakan produk atau layanan sebelumnya.

Di sisi lain, sebagai seorang yang menawarkan produk kepada komunitas konsumen maka Anda harus terus berusaha untuk memuaskan mereka. Dalam hal ini, memuaskan bukan berarti melayani semua pelanggan sesuai dengan kehendak hati mereka. Namun, Anda harus berusaha menyikapi sesuatu yang tidak Anda inginkan secara benar termasuk komplain dari pelanggan.

Faktanya, mengatasi komplain pelanggan secara benar juga adalah salah satu cara untuk memuaskan mereka. Dengan cara-cara yang dijelaskan di atas maka membangun komunitas untuk merek bisnis tidaklah sulit.

Konsumen juga akan menjadi loyal kepada Anda bahkan berpeluang menambah konsumen baru untuk masuk. Bangun komunitas konsumen mulai sekarang karena semua itu tidak bisa didapatkan secara instant namun dengan keuletan dan pondasi kepercayaan.

komunikasi, bisnis, pelanggan, merek, usaha

BACA JUGA:

8 Kunci Rahasia Membuat Pelanggan Senang

6 Jurus Jitu Memulai Bisnis Online Secepat Kilat

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *