Teropong Bisnis | Homepage
Memahami Investasi Reksadana

Memahami Investasi Reksadana

0 Comments 🕔11.Oct 2013

Jika Anda masih termasuk investor pemula maka Anda akan memilih reksadana dengan risiko yang kecil meski dengan keuntungan yang kecil pula. Jangan beranggapan bahwa setelah menaruh sejumlah uang kemudian Anda menerima uang di rekening bank maka itu artinya Anda sudah nyaman. Salah satu kendalanya adalah inflasi dan parahnya sebagai investor pemula Anda tidak menyadari akan hal tersebut. Untuk itu, ada baiknya mengenal macam-macam reksadana sehingga nantinya Anda bisa memilih yang sesuai dengan tujuan keuangan

Anda. Salah satu jenis reksadana adalah reksadana pasar uang. Bagi Anda yang sudah terbiasa melakukan investasi deposito maka disarankan untuk mencoba reksadana jenis ini. Hal ini terkait dengan risikonya yang kecil walaupun keuntungannya juga tidak terlalu banyak. Return dari investasi ini biasanya sekitar 0.5% per bulan dan tidak ada fee untuk masuk dan keluar.

Jika Anda ingin melakukan redemption atau penarikan dana dari reksadana pasar uang maka disarankan untuk melakukannya 3-4 hari kerja sebelum dana tersebut digunakan. Rata-rata pencairan untuk investasi ini adalah T3 hingga nantinya sampai ke rekening Anda. Investasi jenis ini juga sangat cocok bagi Anda yang memilih investasi kurang dari 1 tahun saja. Sebagai contoh, Anda harus membayar uang pangkal sekolah anak sebesar Rp. 10 juta dan Anda masih memiliki waktu 6 bulan ke depan.

Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi di reksadana pasar uang maka setidaknya Anda menginvestasikan Rp. 2 juta per bulan. Selain berinvestasi pada reksadana pasar uang, Anda juga bisa mulai memikirkan untuk berinvestasi pada reksadana pendapatan tetap. Salah satu alasan mengapa investor mau berinvestasi pada jenis ini adalah karena keuntungannya yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan jenis yang pertama.

Investasi jenis ini juga cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi jangka pendek berkisar antara 1 tahun hingga 3 tahun. Para pemula yang ingin berinvestasi biasanya memilih jenis ini untuk perkenalan. Keuntungan per tahun dari investasi jenis yang kedua ini antara 7% hingga 12% bahkan ada yang memberikan return hingga 20% per tahun.

Salah satu perbedaannya adalah pada pembebanan biaya penjualan kembali dan pembelian. Besar beban biaya tersebut biasanya berkisar antara 0.5% hingga 3% dari jumlah investasi untuk setiap transaksi. Untuk itu, Anda harus lebih berhitung khususnya saat menentukan kapan bisa menarik dana yang Anda investasikan. Setidaknya Anda harus memastikan bahwa investasi Anda sudah berkembang sebelum ditarik sehingga potongan biaya tersebut tidak terlalu mempengaruhi keuntungan yang Anda dapatkan.

Ada juga reksadana campuran dengan risiko yang lebih tinggi tapi tentunya hasilnya sangat menggiurkan. Umumnya, reksadana campuran memberikan return antara 9% hingga 18% per tahun bahkan bisa lebih besar lagi.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *