Teropong Bisnis | Homepage
Mau Bisnis Waralaba? Mari Perhatikan Ini!

Mau Bisnis Waralaba? Mari Perhatikan Ini!

0 Comments 🕔29.Jan 2014

Dewasa ini ada banyak jenis usaha waralaba yang dilakoni banyak orang. Pengertian waralaba itu sendiri langsung diungkapkan oleh seorang pengusaha Waralaba, Amir Karamoy. Amir menyatakan bahwa waralaba yaitu suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir. Pada sistem ini, pemilik merek atau franchisor memberi hak kepada perusahaan atau individu untuk melaksanakan usaha bisnis dengan nama merek, sistem, dan prosedur, serta cara-cara yang sebelumnya telah ditetapkan di area tertentu dan dalam jangka waktu tertentu.

Ada banyak contoh bisnis waralaba di tanah air. Seperti, waralaba rumah makan, waralaba salon kecantikan, waralaba mini market, waralaba kafe, waralaba pendidikan, dan waralaba lainnya. Bisnis waralaba ini termasuk ke dalam tahap proses perencanaan keuangan. Ketika seseorang menggeluti bisnis waralaba itu artinya ia sedang melalui proses produksi dari aset yang telah dimiliki. Oleh karenanya, seorang pebisnis waralaba diharuskan memiliki standar operasional yang ketat. Hal ini untuk melindungi reputasi merek produk yang sedang ia geluti.

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan oleh seorang pemilik merek untuk mengembangkan bisnis waralabanya. Berikut akan diuraikan langkah-langkah yang dimaksud.

bisnis waralaba, tips usaha, pebisnis, waralaba

1. Modal Usaha

Modal usaha merupakan poin terpenting ketika seseorang ingin membangun sebuah usaha. Hal ini tidak terkecuali dengan bisnis waralaba. Butuh keseriusan dalam memperhitungkan modal usaha untuk kelangsungan bisnisnya.

2. Pendapatan

Bisnis dinilai berhasil atau tidaknya adalah dengan melihat hasil akhir. Apakah ketika menjalankan bisnisnya seorang pengusaha itu mendapatkan untung atau rugi. Pikirkanlah dengan baik pendapatan atau keuntungan yang seharusnya Anda dapatkan. Jangan sampai modal usaha yang Anda keluarkan berhenti karena Anda mengalami kerugian.

3. Tempat Usaha

Tempat usaha kemudian menjadi hal yang juga penting. Pikirkan kembali jenis waralaba yang Anda geluti apakah memerlukan tempat usaha dengan membeli atau cukup menyewa saja. Selain itu, perhatikan pola lokasi tempat Anda menjalankan bisnis waralaba. Pastikan lokasi usaha Anda strategis dan bisa diketahui banyak orang.

4. Fee Royalti

Fee royalti untuk waralaba juga harus diperhatikan. Terkadang ada perbedaan royalti antara waralaba asing dengan yang lokal. Waralaba asing tentunya akan lebih mahal. Hal tersebut karena merek yang diwaralabakan dari asing memiliki reputasi yang jauh lebih baik. Biasanya pemilik royalti akan melakukan evaluasi, hal ini mempengaruhi apakah royalti untuk tahun berikutnya tetap, berkurang, atau bertambah.

Keempat poin di atas merupakan hal yang harus terus diperhatikan oleh pemilik merek ketika menjalankan bisnisnya. Bisnis waralaba mungkin terkenal mudah meskipun sedikit rumit. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa bisnis ini terkadang juga bisa membuat Anda rugi. Hal tersebut bisa diatasi jika Anda serius memperhatikan dan memikirkan keempat poin penting di atas.

bisnis waralaba, tips usaha, pebisnis, waralaba

BACA JUGA:

Pentingnya Membuat Sistem Akunting Untuk Bisnis Anda

Boleh Investasi dengan Utang, Asal….

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *