Teropong Bisnis | Homepage
Mana yang Harus Dipilih: Tabungan atau Asuransi?

Mana yang Harus Dipilih: Tabungan atau Asuransi?

2 Comments 🕔04.Sep 2013

Dalam mengelola uang, tentu setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Sebagian orang akan memilih mengelola uang dengan cara modern dan orang yang lainnya mungkin mengelola uangnya dengan cara yang tradisional. Ada orang yang lebih suka menabung uangnya di bank juga.

Saat ini menabung di bank memang sudah menjadi hal yang sangat diperlukan bagi banyak orang. Hampir semua orang mempunyai rekening tabungan. Dengan mempunyai rekening tabungan maka semua orang bisa bertransaksi dengan sangat mudah. Kini memang banyak transaksi yang melibatkan bank dan Anda tentu akan kesulitan jika tidak punya rekening di bank.

Pada jaman dahulu, mungkin orang hanya mengenal tabungan nasional. Namun seiring bertambahnya waktu, kini Anda bisa dengan mudah menemukan tabungan pendidikan, tabungan berhadiah, tabungan haji dan tabungan lainnya. Jika Anda mau yang lebih aman, maka ada juga bank yang menawarkan tabungan yang berasuransi.

Tabungan Asuransi Jiwa

Salah satu produk tabungan yang banyak diminati oleh nasabah adalah tabungan yang juga dilengkapi dengan asuransi jiwa. Saat ini bank-bank yang menawarkan produk semacam ini adalah Bank Mandiri dengan Tabungan Rencana Mandiri, atau Anda bisa datang ke CIMB Niaga dan memilih Tabungan Mapan. Mengapa tabungan semacam ini banyak dipilih oleh nasabah?

Alasannya sebenarnya sangat masuk akal. Kita mengetahui bahwa semua orang membutuhkan rasa aman dan memberikan rasa aman kepada orang lain. Dengan tabungan asuransi jiwa ini nantinya ketika kita meninggal, tabungan dan asuransi jiwa ini bisa tetap diproses dan dilanjutkan. Nantinya uang tabungan akan diberikan kepada ahli waris sesuai dengan nominal yang telah disepakati di awal kontraknya.

3.a Mana yang Harus Dipilih Tabungan atau Asuransi

Produk Baru BNI

Jika Anda tertarik dengan produk semacam ini, mengapa Anda tidak menggunakan produk dari Bank BNI. Bank BNI bekerja sama dengan Sunlife Financial, sebuah perusahaan jasa asuransi yang terkenal di Indonesia memberikan penawaran tabungan yang bernama Rencana Pintar. Produk ini sebenarnya sudah agak lama ditawarkan namun untuk tahun ini nominal tabungannya akan dinaikkan menjadi Rp 50 juta.

Berapa lama masa kontrak dari tabungan ini? Masa kontrak untuk tabungan ini adalah 17 tahun. Untuk mendapatkan nilai Rp 50 juta selama 17 tahun itu maka setiap bulannya, nasabah memang harus mengangsur setidaknya Rp 334.000 saja selama 10 tahun.Nantinya uang setoran nasabah akan berkisar di angka Rp 40.8 juta.

Memang ada keuntungan dan kerugian dari tabungan berasuransi ini. Jika Anda menabung dengan tabungan berasuransi, tentu saja Anda tidak akan bisa mengambil uang Anda sewaktu-waktu. Anda hanya bisa mengambilnya secara bertahap mulai dari tahun kelima. Jika Anda memang harus mengambil uang pada bulan kelima maka Anda hanya bisa mengambil Rp 5 juta saja.

Bagi Anda yang ingin mengambil uang Anda pada tahun ke 11 maka uang yang bisa Anda ambil sebanyak Rp 7.5 juta. Pada akhir masa kontrak, nasabah akan mendapatkan uang mereka yakni Rp 25 juta atau kini Anda bisa memilih produk dengan nominal total sebesar Rp 50 juta. Lalu apa yang terjadi jika di tengah kontrak, nasabah telah meninggal?

 

Jika sebelum masa kontrak habis dan nasabah sudah meninggak dunia, maka sang ahli waris akan mendapatkan uang Rp 50 juta dan juga uang pertanggungan sebesar Rp 50 juta juga. Selain itu jika nasabah mengalami kecelakaan namun tidak beresiko jiwa, maka nasabah hanya akan mendapatkan uang sebesar Rp 50 juta saja. Apakah Anda tertarik dengan tabungan berasuransi ini?

3.c Mana yang Harus Dipilih Tabungan atau Asuransi

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

2 Comments

  1. 🕔 3:40, 04.Oct 2013

    judin

    sy mau ikut gabung tabungan ansuransi jiwa caranya gimana .

    reply comment
    • 🕔 6:21, 04.Oct 2013

      Abyan Nandana

      Anda bisa melihat berbagai perusahaan yang menawarkan jasa asuransi sebaiknya mengumpulkan dulu informasi barulah bisa memilih asuransi jiwa yang cocok untuk Anda, kolega :)

      reply comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *