Teropong Bisnis | Homepage
Maksimalkan Keuntungan dengan Menemukan Pelanggan Yang Baik

Maksimalkan Keuntungan dengan Menemukan Pelanggan Yang Baik

0 Comments 🕔27.May 2014

Ada banyak faktor di belakang suksesnya sebuah perusahaan. Salah satu yang terpenting adalah pelanggan. Bila Anda mampu memilih pelanggan yang baik, keuntungan yang Anda dapat bahkan mencapai 80 persen. Dan, sebagian besar keuntungan sebuah bisnis memang datang dari pelanggan.

Namun, tidak semua pelanggan dapat memberikan keuntungan. Hanya pelanggan yang baik, seperti yang disebut diatas, yang harus Anda cari. Bila diubah dalam bentuk presentase, hanya 20% pelanggan yang dapat membawa keuntungan. Sisa 80% hanya membuang waktu dan energi Anda.

Coach Tom MC Iflle menulis dalam bukunya, “Profit Is King, Rahasia Meledakkan Profit Tanpa Iklan!”, terdapat dua jenis pelanggan. Mereka adalah pelanggan yang selalu “benar” dan pelanggan yang selalu “salah”.

Yang perlu dicari adalah jenis pelanggan yang selalu benar. Meskipun jumlahnya sedikit, mereka akan memberikan Anda keuntungan.Sedangkan jenis kedua adalah pelanggan yang harus Anda layani seperti raja, menghabiskan waktu Anda tetapi tidak memberikan keuntungan besar.

Dengan mencari dan memilih jenis pelanggan yang baik ini, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar. Hal ini sangat berpengaruh untuk perkembangan bisnis Anda.

Menurut Tom, cara untuk menemukan pelanggan yang baik ini cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan daftar pelanggan yang Anda punya. Dari daftar pelanggan ini, tulis disamping nama setiap pelanggan maupun perusahaan yang menggunakan jasa Anda, perkiraan profit yang mereka berikan.

Perkiraan keuntungan dari tiap pelanggan tentunya sudah diprediksi sejak awal, saat Anda membuat rencana bisnis Anda. Hal ini diperlukan untuk strategi pemasaran dan peluang bisnis Anda.

Setelah Anda mencatat semua informasi diatas, hitung jumlah profit dari pelanggan-pelanggan tersebut. Pastikan angka yang dihasilkan sudah mencapai 80% dari target keuntungan Anda. Setelah itu, lihat lagi jumlah pelanggan Anda dan tentukan pelanggan yang memberikan keuntungan terbanyak. Dari sini, Anda dapat memprediksi presentase pelanggan yang baik.

Dengan menemukan presentase pelanggan yang baik, Anda dapat menggunakannya sebagai bahan evaluasi. Apakah selama ini Anda sudah melayani pelanggan yang benar atau tidak? Cara ini cukup sederhana untuk menemukan cara Anda memanfaatkan waktu untuk pelanggan.

Cara ini juga sangat tepat untuk menemukan akar permasalahan mengapa bisnis Anda tidak menghasilkan keuntungan. Mungkin, bukan layanan atau produk Anda yang salah. Namun, kesalahan terjadi akibat Anda memilih pelanggan yang salah.

Cara ini tidak dapat hanya dilakukan satu kali, dan Anda akan terbebas dari masalah pelanggan yang salah. Bukan tidak mungkin pelanggan yang baik yang sebelumnya Anda layani berubah menjadi jenis pelanggan yang salah. Oleh karena itu, lakukan hal ini secara rutin, agar Anda dapat memaksimalkan keuntungan yang Anda peroleh. Tentunya, bila Anda melakukan hal tersebut, target kesuksesan bisnis Anda pasti tercapai.

keuntungan, pelanggan, wirausaha, tips bisnis, peluang usaha

BACA JUGA:

Ini Cara Menentukan Gaji Bos yang Tepat

7 Faktor Penting dalam Mencari Surganya Lokasi Bisnis

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *