Teropong Bisnis | Homepage
Kunci Penting Memulai Bisnis dengan Banyak Pihak

Kunci Penting Memulai Bisnis dengan Banyak Pihak

0 Comments 🕔02.Aug 2014

Perusahaan dapat diibaratkan sebagai sebuah organism. Terdapat banyak aspek yang saling berkaitan satu sama lain di dalamnya. Jadi, tidak heran, bila saat Anda ingin memulai bisnis, Anda ingin bekerja sama dengan banyak orang. Tetapi, bila Anda ingin melakukan hal ini, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu.

Anda perlu mempersiapkan konsep kerja perusahaan. Setelah itu, persiapkan pula struktur organisasi dalam perusahaan Anda, beserta orang-orang yang menempati di tiap posisi. Jangan lupakan juga mengenai legalitas usaha. Dan, yang terpenting adalah pembagian hak dan kewajiban tiap orang yang terlibat di perusahaan Anda.

Modal juga perlu dipersiapkan dengan baik. Selain modal yang cukup, pembagian besar modal yang diinvestasikan masing-masing pihak juga penting untuk diperhatikan. Hal ini berkaitan erat dengan pembagian hasil keuntungan di masa mendatang.

Cara mudah untuk pembagian modal dan hasil adalah dengan menggunakan saham. Saham menjadi tolak ukur besaran modal yang diinvestasikan masing-masing pihak dan hasil yang mereka dapat. Anda juga dapat menggunakan perjanjian tersendiri untuk pembagian modal dan hasil ini.

Mengenai saham, yang paling penting adalah adanya pemahaman yang sama dari semua pihak. Selain itu, saham juga bukan hanya diberikan berdasarkan besar modal yang diinvestasikan. Saham juga dapat diberikan berdasarkan kemampuan yang dimiliki orang yang Anda ajak kerja sama. Contohnya, bila orang tersebut mempunyai kemampuan dalam pemasaran, produksi dan lainnya, mereka dapat diberikan sebagian saham.

Diskusi dan pembicaraan yang lebih dalam dibutuhkan untuk pembagian saham diatas. Perlu ditentukan juga pola pembagian dividen antar pihak yang bersangkutan. Hal ini diperlukan agar tidak terjadi masalah saat memulai bisnis Anda.

Dokumentasi semua pembicaraan yang dilakukan oleh setiap pihak juga perlu dilakukan dengan baik. Hal ini diperlukan agar saat Anda mengurus legalitas usaha Anda, semuanya dapat dilakukan dengan mudah. Detail dari pembagian saham dan deviden akan dapat menjadi lebih jelas dengan cara ini.

Pembagian kerja dan tugas tiap pihak juga perlu dipersiapkan disini. Anda dapat melakukannya dengan memaparkan skema usaha dari proses produksi hingga distribusi. Hal ini pula yang akan menjadi dasar dari perkembangan bisnis Anda di masa depan. Pembagian kerja dan tugas ini akan berdampak pada organisasi perusahaan yang akan terbentuk.

Untuk divisi produksi, administrasi dan distribusi, perlu direncanakan dengan baik. Anda perlu merencanakan orang yang berada di posisi paling atas di tiap divisi, serta bentuk prosedur internalnya. Mereka tidak hanya mampu memimpin divisinya, namun, harus mampu pula mengawasi hubungan antar divisi.

Untuk distribusi, usahakan dikelola oleh pihak lain secara terpisah. Hal ini dapat membuat kerja divisi ini lebih profesional, terutama saat menggunakan satu atau banyak distributor. Distributor harus mampu meningkatkan pemasaran. Cara ini juga perlu dilakukan untuk menghindari konflik antar pemilik saham saat memulai bisnis atau menjalankan bisnis Anda.

memulai bisnis, tips berbisnis, wirausaha, ide bisnis, peluang usaha

BACA JUGA:

3 Jurus Maut Mengelola Keuangan, Gaji Masih Banyak Saat Akhir Bulan

Menjadi Pebisnis Sukses? Ini Dia Lima Rahasianya!

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *