Teropong Bisnis | Homepage
Kredibilitas Emas sebagai Asset Aman Telah Runtuh

Kredibilitas Emas sebagai Asset Aman Telah Runtuh

0 Comments 🕔19.Apr 2013

Selama ini kita mengenal emas sebagai sebuah logam mulia yang sangat berharga. Bahkan tidak hanya itu, emas juga dinilai sebagai salah satu alat investasi terbaik untuk menjaga nilai asset yang kita miliki. Nilai jual emas dari waktu ke waktu memang terus mengalami peningkatan dibandingkan dengan nilai uang yang justru terus mengalami penurunan. Maka dari itu, menyimpan harta dalam bentuk emas diyakini sebagai cara yang paling baik. Hingga saat ini sebagian besar dari kita tentu masih meyakini hal tersebut. Akan tetapi Anda yang saat ini tengah mempraktekkan cara mempertahankan asset dengan emas tampaknya harus sedikit melakukan peninjauan kembali untuk menghindari kemungkinan buruk yang mungkin saja akan terjadi.

Beberapa di antara kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama George Soros. Belakangan Soros mengungkapkan pandangannya mengenai emas, bahwa saat ini kredibilitas emas yang sebelumnya dianggap sebagai asset yang paling aman telah runtuh. Milyuner asal Amerika Serikat itu mengungkapkan hal tersebut pada sebuah kesempatan wawancara dengan salah satu surat kabar yang populer di Hongkong, yakni South China Morning Post. Pandangan yang cukup berbeda tersebut tentunya didapatkan oleh Soros dengan mengamati situasi yang terjadi saat ini. Menurut Soros, emas sebagai sebuah alat investasi yang utama telah membuat publik kecewa. Sebenarnya apa yang melatarbelakangi pandangan Soros tersebut? Berikut Penjelasannya.

Emas Mengecewakan Publik

Di dalam wawancara dengan media Hongkong tersebut Soros juga mengungkapkan latar belakang dari pandangannya tersebut. Menurutnya emas telah membuat kecewa publik karena alat investasi utama tersebut tidak bisa mempertahankan nilainya ketika krisis di Eropa terjadi. Soros mengatakan bahwa ketika nilai Euro merosot ke level yang terendah pada tahun lalu, harga emas juga bisa turun sebenarnya.

Kendati hal tersebut tidak terjadi, menurutnya pada waktu itu jika orang-orang memerlukan uang, mereka bisa menjual emas-emas mereka. Saat banyak orang menjual emas-emas mereka itulah harga emas juga akan anjlok. Apa yang dikatakan Soros tersebut memang sangat masuk akal. Apabila banyak emas yang tersedia sedangkan permintaan pasar akan emas menurun, secara otomatis harga emas memang bisa turun.

Nilai Emas akan Terus Fluktuatif

Analisis itu menyiratkan bahwa emas telah terbukti sebagai sebuah alat investasi yang tidak aman. Soros mengambil kesimpulan bahwa kredibilitas emas sebagai asset yang aman telah runtuh akibat mudahnya fluktuasi harga emas terhadap keadaan tertentu yang sangat mungkin terjadi. Namun Soros juga menegaskan bahwa emas masih akan tetap menjadi alat investasi utama bagi bank-bank sentral.

Dia juga mengatakan bahwa dirinya tidak mengharapkan harga emas akan terus anjlok. Akan tetapi dari analisis tersebut setidaknya kita menyadari bahwa harga emas memang akan terus berfluktuasi, sehingga tidak akan ada jaminan trend tertentu untuk jangka yang panjang.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *