Teropong Bisnis | Homepage
Kiat Menghindari Kebangkrutan

Kiat Menghindari Kebangkrutan

0 Comments 🕔09.May 2013

Tidak setiap bisnis menjadi sukses, dan tidak setiap pebisnis bisa merasakan keuntungan yang stabil dari usahanya. Ada kalanya seorang pengusaha mesti menghadapi masalah pelik seperti kebangkrutan, sebuah masalah yang ditandai oleh ketidakmampuan sebuah perusahaan untuk membayar beban biaya yang mesti dikeluarkan perusahaannya.

Oleh karena itu orang bisa melihat beberapa sebab kebangkrutan yang pada intinya terjadi karena rentetan peristiwa keuangan yang tidak sanggup lagi ditangani oleh pebisnis yang bertanggung jawab menangani sebuah perusahaan, entah itu tagihan hutang yang menumpuk, ketidakmampuan menambah modal, modal yang habis, ketidakmampuan membayar gaji karyawan, atau kombinasi di antara semua peristiwa tersebut. Meskipun tampak sangat seram, namun bukan berarti kebangkrutan adalah sebuah peristiwa yang tidak bisa dihindari.

Kebangkrutan: bukan semata urusan takdir

Kebangkrutan bisa terjadi kapan saja selama beberapa peristiwa di atas muncul dan orang-orang yang bertanggung jawab di sebuah perusahaan tidak bisa menanganinya. Hendaknya dipahami bahwa kebangkrutan bukan semata urusan takdir, melainkan urusan manajemen ekonomi yang tidak seimbang hingga mengakibatkan neraca keuangan menjadi jomplang.

Perusahaan seperti Apple di tahun 1990-an dulu bahkan pernah nyaris mengalami kebangkrutan, sampai ia diambil alih kembali oleh Steve Jobs. Jadi pada intinya, kebangkrutan bisa dialami siapapun dan bisa terjadi pada jenis bisnis apapun, dari bisnis kecil sampai menengah.  Namun yang lebih konkrit untuk ditanyakan di sini adalah: adakah cara untuk menghindari kebangkrutan?

Bagaimana Menghindari Kebangkrutan

Tentu ada beberapa kiat yang bisa diterapkan untuk menghindari kebangkrutan, berikut beberapa di antaranya:

  • Jika perusahaan anda sudah mendekati titik nadir kebangkrutan, cobalah untuk berkoalisi dengan kompetitor Anda. Steve Jobs pada 1990-an melakukannya dengan Microsoft. Cara seperti ini biasanya sanggup menambah modal perusahaan Anda.
  • Buatlah inovasi. Sebuah bisnis tentu membutuhkan inovasi. Jika anda sudah sanggup menyediakan modal untuk memperbaiki keuangan perusahaan anda, maka hal kedua yang harus dilakukan adalah mengevaluasi produk. Buang yang lama dan terapkan hal-hal baru yang bisa dinikmati oleh konsumen anda dengan cara lebih baik. Misalnya, anda bisa menerapkan perubahan pada desain dan fungsionalitas produk sekiranya anda adalah pengusaha yang bergerak di bidang produksi smartphone. Lihatlah kembali pada kasus Steve Jobs yang merevolusi cara menikmati musik dengan produk iPod-nya.
  • Carilah titik lemah perusahaan anda; buang divisi yang tidak menguntungkan dan tinggalkan sistem yang merusak produktivitas dan memacetkan kemunculan ide-ide segar.

Semua kemungkinan usaha penyelamatan usaha yang hampir bangkrut seperti yang telah ditulis di atas hendaknya perlu dipahami sebagai garis besar panduan. Kebangkrutan bukanlah takdir, melainkan sebuah tanda yang mengisyaratkan bahwa Anda harus selalu menerapkan inovasi dan teknik manajemen perusahaan yang terorganisir dan tertata dengan cara yang lebih baik.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *