Teropong Bisnis | Homepage
Jangan Sampai Salah dalam Memilih Partner Usaha Anda

Jangan Sampai Salah dalam Memilih Partner Usaha Anda

0 Comments 🕔24.Jun 2013

Di dalam menjalankan sebuah bisnis, keberadaan partner sangatlah penting. Partner merupakan rekan kerja kita yang bersamanya kita akan saling mendukung dan menguntungkan. Akan tetapi kita harus selalu waspada dalam memilih partner untuk berbisnis. Jika kita sampai berhubungan dengan orang yang salah maka bukannya akan untung, bisnis kita justru akan merugi. Di jaman yang serba sulit ini, banyak orang yang hanya mementingkan diri sendiri tanpa menghiraukan orang lain jika dirugikan. Orang-orang seperti itulah yang harus kita hindari. Oleh sebab itu, apapun bentuk usaha yang sedang Anda jalankan, menjadi selektif saat memilih partner usaha merupakan hal mutlak yang harus kita lakukan. Sebagai referensi, berikut ini kami sajikan beberapa saran dalam memilih partner usaha agar kita jangan sampai memilih orang yang salah.

Jangan-Sampai-Salah-dalam-Memilih-Partner-Usaha-Anda-4

Mengenal Kepribadian Partner Usaha

Anda sebaiknya tidak segera percaya kepada orang lain karena penampilan luarnya saja yang meyakinkan. Namun Anda juga harus menyelidiki latar belakang orang tersebut untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi. Kita harus tahu bahwa latar belakang keluarga dan lingkungan tempat tinggal merupakan beberapa faktor penting pembentuk kepribadian. Sehingga sebaiknya Anda mengetahui betul bagaimana keluarganya dan juga situasi tempat dia tinggal.

Selanjutnya, kita juga harus memperhatikan catatan pengalaman kerjanya. Jika dia pernah bekerja sama juga dengan orang lain, maka selidikilah bagaimana kontribusinya dalam kerja sama itu. Jika terdapat indikasi dia pernah melakukan kecurangan atau bertindak secara tidak adil, maka sebaiknya Anda tidak tergiur dengan iming-iming manis yang dia bicarakan.

Jangan-Sampai-Salah-dalam-Memilih-Partner-Usaha-Anda-3

Tips Memilih Partner Usaha yang Tepat

Dua hal di atas mutlak sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum kita menunjuk seorang partner usaha. Namun ada lagi beberapa hal penting yang juga harus dipertimbangkan agar kerja sama yang kita lakukan dapat meningkatkan kemajuan usaha kita. Yang pertama yaitu kita harus memilih orang atau perusahaan yang kurang lebih memiliki visi dan misi yang sama dengan kita. Tentu sebuah kerja sama tidak akan berjalan dengan baik jika kedua belah pihak memiliki visi dan misi yang jauh berbeda, meskipun keduanya juga memiliki kepribadian yang sangat bagus dan terpercaya. Maka hal ini sangat penting untuk dibicarakan sebelum ber-partner.

Kemudian yang kedua adalah memilih partner usaha yang bersedia berkomitmen di dalam kerja sama tersebut. Dengan demikian maka kedua belah pihak akan sama-sama bekerja dengan sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugasnya masing-masing. Hal ini juga penting untuk menciptakan suasana yang nyaman, karena kedua belah pihak akan memiliki kontribusi yang sama-sama besar.

Lalu sebelum mulai bekerja, kita harus terlebih dahulu menjalin kesepakatan yang jelas dengan partner mengenai modal dan juga pembagian keuntungan. Hal ini sangat penting untuk menghindari konflik di masa mendatang akibat kesalahpahaman. Dengan pembagian yang telah ditentukan secara jelas dan adil, maka hubungan kerja sama yang akan terjalin menjadi semakin jelas dan akan awet. Karena jangan sampai kita berhenti di puncak kesuksesan hanya karena konflik yang seharusnya bisa dihindari.

Jangan-Sampai-Salah-dalam-Memilih-Partner-Usaha-Anda-2

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *