Teropong Bisnis | Homepage
Jangan Lupakan Tujuan Keuangan Anda Sebelum Memilih Investasi Reksadana

Jangan Lupakan Tujuan Keuangan Anda Sebelum Memilih Investasi Reksadana

🕔08.Nov 2013

Sebelum menginvestasikan dana Anda, ada baiknya untuk memahami tujuan keuangan Anda. Bahkan, memahami tujuan keuangan merupakan suatu keharusan dalam investasi. Tujuan keuangan ini bisa jadi berbeda-beda. Contohnya, Anda berniat membeli produk investasi untuk pendidikan anak, dana di hari tua, membeli rumah, atau kebutuhan lainnya di masa depan.

Setelah hal tersebut dipahami dan ditetapkan, barulah selanjutnya menentukan instrumen investasi. Anda harus pastikan bahwa instrumen investasi tersebut nantinya bisa menghantarkan tujuan keuangan tersebut. Sebagai referensi instrumen investasi, Anda bisa mulai berpikir untuk memulai investasi reksadana.

Banyak investor yang memilih investasi jenis ini karena relatif sederhana. Memang, banyak sekali jenis reksadana di pasar investasi. Tentunya, Anda harus cerdik dalam menentukan reksadana yang benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Kenali dahulu jenis reksadananya. Ada beberapa jenis reksadana yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham.

Jika Anda memiliki tujuan keuangan dalam jangka pendek atau di bawah 3 tahun, maka Anda bisa memilih investasi reksadana pasar uang. Contoh aplikasi investasi jenis ini adalah sertifikat deposito, obligasi, SBI, dan SBPU.Namun, Anda perlu tahu bahwa return yang diberikan oleh investasi ini sangat kecil.

Hal ini memang sebanding dengan tingkat risikonya yang memang juga kecil. Masa jatuh tempo untuk reksadana pasar uang adalah 1 tahun. Untuk reksadana dengan jangka waktu sekitar 5 tahun hingga 10 tahun, maka Anda disarankan untuk mencoba reksadana pendapatan tetap. Investasi ini menempatkan portofoliio investasi pada instrumen dengan bentuk surat hutang.

Return investasi ini juga lebih besar dari jenis yang pertama. Jika Anda ingin berinvestasi untuk jangka panjang atau lebih dari 10 tahun, maka investasi reksadana campuran bisa Anda jadikan pilihan. Portofolio untuk reksadana jenis ini akan ditempatkan pada berbagai macam instrument investasi. Return untuk reksadana jenis ini memang sangat besar.

Namun, Anda juga harus ingat bahwa dengan tingkat return yang tinggi, risikonya juga akan sebanding. Bagaiman jika Anda mengharapkan return dari reksadana dengan nilai yang besar namun tingkat keberhasilannya besar pula? Untuk jenis yang satu ini, Anda bisa memilih jenis investasi reksadana saham.

Nantinya, portofolio reksadana ini akan ditempatkan dalam bentuk saham. Kembali lagi, tidak ada investasi yang tidak memiliki risiko. Justru, dengan kemungkinan semacam ini, reksadana ini memiliki tingkat risiko yang paling besar. High profit, high risk merupakan prinsip dasar investasi yang harus selalu Anda pahami.

Setelah mengetahui jenis reksadana dan tujuan keuangan Anda, kini tentukan semuanya dengan tepat. Jika memang belum siap dengan reksadana dengan risiko tinggi maka coba saja reksadana dengan risiko kecil. Jika Anda sudah mulai terlatih dan terbiasa barulah Anda bisa meningkatkan investasi menuju investasi dengan risiko yang lebih besar dan return yang lebih besar lagi tentunya.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan