Teropong Bisnis | Homepage
Investasi Saham

Investasi Saham

0 Comments 🕔12.Apr 2013

Kini banyak orang yang berminat untuk mulai berinvestasi saham. Namun sayangnya tak banyak orang yang paham secara detail bagaimana cara berinvestasi saham di bursa efek. Umumnya sebagian besar para investor khawatir akan rugi dan kehilangan banyak modal. Berikut ada beberapa panduan bagaimana cara memulai investasi saham di pasar modal.

Cara pertama untuk memulai investasi saham yaitu anda tidak perlu menggunakan jasa broker fulltime. Kemudian cara yang kedua  yaitu dengan menggunakan dana/anggaran. Mulailah berinvestasi dengan nilai nominal saham yang kecil agar mudah dapat dikembangkan. Ketika kita mendengar istilah saham, pastinya kita berpikir bahwa saham sangat identik dengan permainan bisnis yang  hanya dilakukan oleh para pebisnis besar. Hanya sedikit orang saja yang bermain saham di pasar modal karena memang resiko yang kemungkinan dihadapi oleh para pembisnis cukup besar.

Definisi Saham

Saham adalah surat-surat berharga yang menunjukan bukti kepemilikan modal suatu perusahaan. Dengan kata lain jika Anda membeli saham sebuah perusahaan, berarti Anda berhak atas kepemilikan perusahaan tersebut. Besarnya hak kepemilikan yang dimiliki oleh tiap pemilik saham berbeda bergantung pada besarnya saham yang dimiliki oleh pengusaha tersebut. Umumnya saham diperjualbelikan dalam bentuk lembaran. Besarnya kepemilikan saham dalam sebuah perusahaan juga akan menentukan besarnya profit/keuntungan yang akan didapatkan oleh si pemilik saham di sebuah perusahaan.

Imbalan yang nantinya akan didapatkan oleh pemilik saham disebut deviden.  Umumnya pembagian deviden ini akan dibagikan setiap tahunnya. Tidak hanya deviden yang akan menjadi keuntungan yang akan diperoleh oleh para pemilik saham. Para pemilik saham juga akan mendapatkan keuntungan lainnya, yaitu berupa selisih antara harga beli dan harga jual saham (capital gain). Selisih ini juga disebut sebagai kelebihan harga.

Keunggulan Investasi Saham

Kini ada cara baru berinvestasi saham yaitu dengan menggunakan sistem online. Dengan menggunakan online trading system dinilai lebih menarik dan menguntungkan saat ini. Salah satu keuntungannya adalah sistemnya yang praktis, cepat, dan efektif. Hal lainnya yang membuat investasi saham online ini menarik yaitu penerapan teknologi yang canggih. Fee yang rendah, data yang realtime, serta keamanan yang terjamin tampaknya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemilik saham  masa kini. Jika dikalkulasi, sistem saham online ini jauh lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan jenis sistem jual beli saham lainnya.

Berikut terdapat beberapa keunggulan-keungulan dari bisnis jual beli saham secara online, yaitu: modal tidak harus dalam jumlah yang besar, tidak perlu memiliki staf atau pegawai untuk mengelola bisnis, tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk sewa atau beli gedung atau tempat usaha, semakin luas pengetahuan ekonomi makro dan pasar modal, membuat Anda terlatih untuk menganalisis pasar modal baik secara fundamental maupun teknikal dan berlatih menjadi pialang saham profesional.

Gambar: Sudena.com

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *