Teropong Bisnis | Homepage
Investasi menggiurkan di 2014: saham energi dan lapis dua

Investasi menggiurkan di 2014: saham energi dan lapis dua

0 Comments 🕔20.Dec 2013

Berbicara tentang bisnis selalu seru dan menarik. Terutama saat membahas tentang peluang yang bisa dihasilkan suatu bisnis di masa depan. Semakin berkembangnya jaman, semakin banyak pula bidang bisnis yang bisa dilakukan. Jika Anda tertarik untuk memulai suatu investasi menggiurkan di 2014, saham energi dan saham lapis dua sangat layak untuk Anda coba.

Diprediksikan bahwa saham energi dan saham lapis dua akan menjadi menarik sebagai target investasi pada tahun 2014, karena dalam beberapa tahun terakhir sudah terkena koreksi yang cukup tajam. Seperti yang dikatakan Rowena Suryobroto juga, kepala riset Asia Financial Network (AFN) bahwa kedua jenis saham tersebut sudah didiskon hingga lebih dari 50% dalam jangka waktu 3 tahun terakhir. Selain itu, saham-saham tersebut sudah ada pada harga normal.

Saham energy

Rowena juga menjelaskan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan tersebut sudah termasuk tekanan harga komoditif dan kebijakan-kebijakan dari dalam serta luar negeri. Yang perlu diperhatikan adalah aset tambang milik perusahaan tersebut tetap bernilai tinggi. Kedepannya, bagi sang investor, perbaikan harga komoditi dan strategi yang diambil perusahaan akan mampu mendorong nilai tambah para investor.

Permintaan energi yang meningkat akan berpengaruh pada terdorongnya nilai saham energi. Sebagai contohnya adalah pertumbuhan kebutuhan dalam negeri akan menaikkan kebutuhan batu bara dalam negeri. Terutama dari sektor PLN yang naik 15.83%, yaitu sebesar 78.600.000 ton. Untuk tahun 2013 ini, peluang saham energi tidak begitu tampak karena masih banyak perusahaan yang merugi. Namun akan berbeda untuk tahun depan, saham perusahaan emitmen batu bara patut dilirik. Beberapa dari emitmen tersebut adalah PT Adaro Energy Tbk, PT Indo Tambangraya Tbk dan PT Bayan Resources Tbk).

investasi saham

Menurut pengamatan Rowena, hampir semua emitmen, kecuali PTBA melakukan pembukuan pertumbuhan pada sektor kinerja pendapatan naik pada kuartal III tahun 2013. Pertumbuhan tersebut cukup terlihat jika dibandingkan dengan kuartal I dan II. Hal ini membuktikan bahwa perusahaan pertambangan sudah mulai mendapatkan celah untuk bisa bertahap, meski kinerjanya belum begitu cemerlang.

Laba yang diperoleh memang belum bisa menimbulkan indikasi yang bagus karena sedang berusaha mempertahankan apa yang sedang dioperasikan. Untuk mengatasi hal ini, harus dicapai jalan yang membuat kestabilan harga terganggu (utang dan lain-lain). namun demikian, kinerja pendapatan mampu menimbulkan kepercayaan bahwa dengan langkah yang baik, saham energi bisa dijadikan pilihan berinvestasi.

Saham lapis dua dan tiga

Hal yang sama terjadi pada saham lapis dua dan tiga, yang juga bisa menjadi investasi menggiurkan di 2014. Saham lapis dua dan tiga memainkan peran penting dan dalam beberapa bulan ke depan, investor bisa mencoba kedua saham tersebut. Hal ini bisa dilihat dari pertumbuhan saham unggulan pada LQ45 yang semakin terbatas. Dalam 3 tahun terakhir, pertumbuhannya hanya sebesar 8 %. Bahkan pada 2013, indeks harga LQ45 adalah minus 2.9%.

Rowena menerangkan lebih lanjut bahwa secara fundamental, banyak saham lapis dua dan tiga yang sebetulnya sudah baik. Namun peluang tersebut belum terlihat secara optimal di mata sebagian besar investor. Tertarik untuk mencoba investasi menggiurkan di 2014 tersebut?

 investasi saham

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *