Teropong Bisnis | Homepage
Intip 4 Keuntungan Transparansi Dalam Bisnis

Intip 4 Keuntungan Transparansi Dalam Bisnis

0 Comments 🕔02.Feb 2014

Dalam membangun dan mengembangkan sebuah bisnis, ada banyak faktor yang berpengaruh didalamnya. Salah satunya adalah pola komunikasi. Diperlukan pola komunikasi yang terbuka agar setiap unsur didalam perusahaan dapat berpadu. Dan, bila hal ini dapat Anda lakukan, maka tujuan dan kesuksesan yang Anda targetkan pasti dapat Anda raih dengan mudah.

Untuk menerapkan pola komunikasi yang terbuka, diperlukan transparansi dalam bisnis. Hal ini tidak hanya diperlukan saat Anda baru membangun bisnis atau saat bisnis Anda berjalan. Transparansi juga diperlukan pada saat ada masalah dalam perusahaan Anda. Hal ini akan membuat pemecahan masalah dapat berlangsung dengan baik.

Selain itu, transparansi dapat digunakan untuk membangun hubungan baik antara Anda, karyawan dan pelanggan. Dari sini, perusahaan dan sistem bisnis yang kuat akan terbangun.

Selain beberapa manfaat yang disebutkan diatas, transparansi dalam bisnis juga akan memberikan banyak keuntungan. Berikut beberapa diantaranya.

1. Kepercayaan Terbangun Kuat

Transparansi akan membangun kepercayaan yang kuat antara Anda dan pelanggan Anda. Contoh mudahnya, Anda dapat memberi kebebasan pelanggan untuk mengetahui bagaimana cara bekerja usaha Anda. Hal-hal seperti  struktur harga, pemesanan, pengiriman dan lainnya dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda.

Bila kepercayaan pelanggan dengan bisnis Anda sudah terbangun dengan kuat, maka yang paling diuntungkan adalah Anda. Mereka akan setia dengan usaha dan layanan Anda, sehingga hubungan bisnis ini dapat bertahan lama.

keuntungan bisnis, usaha, tips bisnis, pengusaha

2. Pelayanan Konsumen

Transparansi dalam bisnis juga dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan Anda. Anda dapat memberikan informasi yang jelas, detail dan transparan, baik itu buruk atau baik, kepada pelanggan Anda. Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai dan dipercaya.

Cara ini juga dapat digunakan untuk mengevaluasi layanan Anda. Sehingga, perusahaan Anda akan dapat mengurangi kesalahan yang dilakukan dan mempertahankan pelanggan.

3. Reputasi

Transparansi juga dapat mempertahankan reputasi perusahaan Anda. Seperti yang kita semua tahu, saat ini laju informasi sangatlah cepat. Jadi, bukan tidak mungkin bila banyak orang diluar sana menyebarkan informasi buruk mengenai perusahaan Anda.

Dengan adanya transparansi dalam bisnis Anda, maka pelanggan Anda akan mendapatkan informasi langsung dari Anda. Sehingga, mereka akan mengetahui apa yang sebenarnya tentang usaha Anda.

Memang, Anda tidak dapat mengendalikan informais di luar sana. Tetapi, setidaknya dengan transparansi dalam bisnis Anda, maka Anda dapat memperkuat basis pelanggan Anda.

4. Karyawan

Transparansi dalam bisnis juga sangat berpengaruh pada karyawan Anda. Mereka akan dapat melihat dengan jelas tentang proses internal perusahaan Anda. Dengan demikian, mereka akan merasa dihargai dan membuat karyawan Anda merasa seperti keluarga di perusahaan Anda.

Dan, hal ini juga dapat menghindari rasa benci antar karyawan dengan perusahaan, khususnya bila ada masalah yang terjadi. Artinya, pemecahan masalah akan dapat dilakukan dengan baik.

keuntungan bisnis, usaha, tips bisnis, pengusaha

BACA JUGA:

Tipe Mitra Bisnis Yang Harus Anda Hindari

Selembar Comment Card Dan Kesuksesan Usaha Anda

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *