Teropong Bisnis | Homepage
Ini Cara Menentukan Gaji Bos yang Tepat

Ini Cara Menentukan Gaji Bos yang Tepat

0 Comments 🕔19.May 2014

Banyak orang berpikir bahwa seorang pengusaha mempunyai gaji yang sangat besar. Memang, hal bukanlah rahasia. Seorang pemilik usaha mempunyai kebebasan untuk menentukan berapa besar gaji yang harus diterimanya. Akan tetapi, seringkali penentuan gaji bos ini sulit untuk dilakukan.

Penentuan besar gaji sang bos perusahaan seringkali terhambat oleh beberapa hal. Contohnya, pengeluaran hidup Anda sebagai bos dan apakah hal tersebut dapat ditutupi oleh perusahaan. Atau, apakah Anda harus mengambil gaji Anda, sedangkan uang tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan perusahaan Anda.

Sebenarnya, Anda dapat menggunakan beberapa faktor untuk penentuan besar gaji Anda. Seperti, jumlah pengeluaran hidup Anda dalam setahun atau tingkat kenyamanan dalam menggunakan tabungan Anda. Dengan demikian, Anda dapat menentukan jumlah yang tepat untuk gaji seorang bos.

Untuk mempermudah hal ini, pertama Anda dapat menuliskan semua jenis pengeluaran Anda. Tulis semuanya dengan detail bahkan hingga pengeluaran terkecil sekalipun. Jumlah pengeluaran Anda ini hingga Anda mendapatkan jumlah pengeluaran Anda dalam satu tahun. Jumlah ini Anda bagi dengan 12, dan Anda mendapatkan besar gaji Anda  per bulannya.

Cara menentukan gaji diatas juga mempunyai manfaat lainnya. Dengan jumlah yang tetap tersebut, Anda dapat memilah beberapa pengeluaran. Sehingga, Anda tidak perlu lagi menggunakan uang pribadi Anda untuk keperluan perusahaan Anda.

Selain pengeluaran, perhitungkan pula pengetahuan dan keterampilan yang Anda gunakan untuk menjalankan perusahaan. Waktu dan energi yang Anda curahkan juga perlu dimasukkan ke dalam perhitungan penentuan gaji bos ini.

Sebenarnya ada 2 metode yang digunakan banyak pengusaha untuk penentuan besar gaji mereka.

Nilai Pasar Terbuka

Anda hanya perlu membandingkan gaji yang diterima orang lain yang mempunyai keterampilan dan tingkat pengalaman yang sama dengan Anda. Hasilnya bukan berarti menjadi jumlah gaji yang dapat Anda terima. Anda belum memasukkan beberapa hal lain, seperti waktu, tenaga, resiko, hal yang Anda korbankan untuk memulai bisnis dan lainnya. Anda dapat menggunakan angka ini sebagai acuan penentuan gaji Anda.

Perusahaan-perusahaan yang Setara

Anda juga dapat membandingkan perusahaan Anda dengan perusahaan lain yang setara. Amati berapa besar gaji bos perusahaan tersebut. Anda dapat menggunakannya sebagai pembanding untuk penentuan gaji Anda. Bila Anda masih ragu dengan data yang Anda peroleh, Anda dapat menggunakan data dari Kamar Dagang, badan pengelola pajak dan lainnya untuk data yang lebih tepat.

Setelah Anda memahami beberapa faktor diatas, Anda dapat mulai menentukan gaji yang tepat untuk Anda. Pada umumnya, ada 2 macam keputusan yang diambil pengusaha untuk penentuan gaji bos. Yang pertama, mereka menambah 3%-5% dari gaji rata-rata CEO dari perusahaan-perusahaan lain. Dan, yang kedua, mereka menentukan jumlah dibawah rata-rata tersebut, dengan tujuan menggunakan uang sisa untuk pengembangan perusahaan.

gaji bos, ceo, slary, tips bisnis, wirausaha

BACA JUGA:

Panduan Praktis Sukses Membuka Bisnis Minimarket

7 Faktor Penting dalam Mencari Surganya Lokasi Bisnis

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *