Teropong Bisnis | Homepage
Ingin Investasi? Ketahui 7 Hal Ini untuk 100% Sukses Berinvestasi

Ingin Investasi? Ketahui 7 Hal Ini untuk 100% Sukses Berinvestasi

0 Comments 🕔23.Sep 2013

Ingin mencoba untuk berinvestasi? Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda gunakan, seperti obligasi, saham dan emas. Pilih investasi yang menguntungkan, yaitu bila yield (imbal hasil) lebih tinggi dari tingkat inflasi tahunan. Tapi, agar Anda tidak merugi, khususnya untuk pemula, ada 7 hal yang perlu Anda ketahui tentang investasi.

1. Momen Tepat

Dunia ekonomi mempunyai sebuah siklus layaknya kehidupan. Bila Anda menanamkan uang pada saat yang tepat maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.

2. Siklus Investasi

Anda harus mengetahui siklus investasi yang sedang berlangsung, contohnya pada tahun 80 sampai 90-an, ekonomi Amerika condong ke arah siklus finansial, tetapisaat ini, lebih ke siklus komoditas, seperti baja, minyak mentah dan lainnya.

 

3. Memilih Siklus Yang Tepat

Contohnya, seperti disebutkan diatas, siklus investasi AS dengan komoditi baja sangat menjanjikan. Tapi, bila kita lihat saat ini, tren siklus investasi baja menurun danemas mulai naik.  Dengan melihat hal ini, maka Anda bisa berinvestasi pada emas.

4. Instrumen Investasi

Pilih  satu instrumen investasi yang Anda kuasai dan sukai. Contoh instrumen investasi yang bisa Anda pilih dengan modal kurang dari 10 juta adalah :

  1. Reksa Dana yaitu tempat untuk mengelola dana para investor dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana yang terkumpul akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI) menjadi beberapa bentuk, seperti saham, obligasi, pasar uang atau lainnya.
  2. Saham. Dengan langsung membeli saham dari pasar modal, Anda bisa mendapatkan keuntungan. Pilih broker terbaik dan Anda bisa langsung berinvestasi. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, dan keuntungannya, Anda bisa melakukan diversifikasi untuk menurunkan resiko kerugian.
  3. Investasi dengan logam mulia. Mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu membelinya saat harga murah dan menunggu sampai harganya naik dan menjualnya.

5. Investasi Jangka Panjang

Berikutnya adalah investasi harus dilakukan dalam jangka panjang untuk mengurangi volatilitas dan resiko kerugian. Jadi, jangan takut dan langsung melepas investasi Anda bila harga investasi jatuh, karena itu adalah bagian dari siklus.

6. Jangan Mengikuti Tren

Bila banyak orang membeli, Anda harus menjual dan begitu pula sebaliknya. Seperti diungkapkan Warren Buffet, rakuslah saat orang lain takut, dan takut saat orang lain rakus.

7. Puncak Investasi Anda

Yang terakhir adalah temukan puncak nilai investasi Anda, karena setelah itu, akan ada tren yang membuat nilai investasi Anda menurun. Sulit untuk menemukan hal ini, tapi, Anda bisa melihat dari:

  1. Imbal meroket tiba-tiba. Hal ini artinya investasi Anda akan mencapai puncaknya dalam waktu dekat.
  2. Instrumen investasi Anda memberikan banyak keuntungan untuk banyak orang.
  3. Jika banyak orang menggunakan instrumen investasi yang sama dengan anda. Artinya, Anda perlu mencari instrumen investasi yang baru dengan siklus yang masih muda.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *