Teropong Bisnis | Homepage
Hitung ROI Anda Untuk Sukses Besar Berinvestasi

Hitung ROI Anda Untuk Sukses Besar Berinvestasi

0 Comments 🕔26.Dec 2013

Apabila Anda berinvestasi, apakah yang Anda harapkan? Tentunya keuntungan, bukan? Keuntungan dalam berinvestasi ini juga sering disebut dengan Return On Investment atau ROI.

Untuk mengetahui besar ROI yang Anda terima, Anda harus tahu cara menghitungnya. Dan, hal ini sangatlah penting bagi setiap pelaku investasi agar mereka tahu resiko dan penerimaan yang mereka dapat dari investasi mereka. Selain itu, dengan ROI, mereka juga tahu investasi mana yang tepat untuk masa depan mereka.

Menurut Wikipedia, ROI dapat ditemukan dengan mengkalkulasikan rasion uang yang diperoleh atau hilang saat berinvestasi. Dan, hal ini dinyatakan dalam bentuk presentase dan bukan sistem desimal.

ROI juga dapat disebut sebagai tingkat laba (rate of profit). Tingkat laba dapat ditemukan dengan membandingkan keuntungan investasi saat ini dengan masa lalu, dan juga memprediksi keuntungan yang didapat di masa mendatang. ROI tidak digunakan untuk menyatakan lamanya investasi berjalan, meskipun digunakan satuan tahunan fiskal atau penanggalan untuk menuliskan ROI ini.

Banyak perusahaan juga menggunakan ROI untuk menemukan jumlah yang mereka peroleh dari investasi yang mereka lakukan dan juga jumlah yang hilang. Hal ini akan sulit untuk dilakukan bila menggunakan nilai moneter.

Oleh karena itu, nilai atau data ROI dari investasi Anda dapat menjadi acuan keputusan Anda terhadap investasi yang Anda lakukan. Sehingga, di masa depan, Anda akan mendapatkan keuntungan yang berkali lipat lebih besar.

tips investasi

Dan seperti yang disebutkan diatas, Anda harus tahu bagaimana cara menghitung ROI. Berikut contoh dan cara untuk mengkalkulasi ROI, dikutip dari eHow.com.

Contoh Soal:

Sebuah perusahaan bernama ABC menanamkan uang sebesar Rp. 1 juta untuk mempromosikan produk mereka dengan iklan. Dari kegiatan promosi ini, perusahaan ini memperoleh feedback yaitu 150 telepon. Dari 150 telepon tersebut, 50 diantaranya tertarik untuk membeli produk dari perusahaan ABC yang dipromosikan.

Perusahaan ABC memperoleh total penjualan dari proses promosi tersebut sebesar Rp. 5 juta. Disini, Anda dapat menggunakan rumus dibawah ini untuk mengkalkulasi ROI Anda, yaitu:

ROI = (Return On Investment – Initial Investment)/investment x (100)

Anda dapat memasukkan data sebagai berikut:

  1. Anda perlu memasukkan besar Return on Investment, yaitu sama dengan total penjualan perusahaan sebesar Rp. 5 juta.
  2. Cari besar Initial Investment. Perusahaan ABC menggunakan dana Rp. 1 juta untuk promosi. Inilah besar Initial Investment.
  3. Masukkan semua data pada rumus diatas, yang akan menjadi:

ROI = (5.000.000 – 1.000.000) : 1.000.000 x 100

ROI =  4.000.000 : 1.000.000 x 100

ROI = 4 x 100 = 400

Hasil perhitungan ROI sebesar 400 diatas menandakan bahwa perusahaan tersebut memiliki ROI sebesar 400%. Cukup mudah bukan? Sekarang, Anda akan dapat berinvestasi dengan lebih baik lagi.

tips investasi

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *