Teropong Bisnis | Homepage
Hindari Beberapa Hal Ini Saat Menjadi Wirausahawan

Hindari Beberapa Hal Ini Saat Menjadi Wirausahawan

0 Comments 🕔20.Nov 2013

Memulai wirausaha kecil memang tidak mudah. Anda harus beberapa kali jatuh bangun sebelum akhirnya meraih kesuksesan. Dalam hal ini, Anda harus memiliki mental yang kuat. Tanpa mental yang kuat, modal akan cepat habis, produk juga tidak inovatif bahkan strategi pemasaran Anda juga akan gagal total. Sebelum Anda memulai merintis wirausaha kecil, ada baiknya mempelajari beberapa hal yang sebaiknya dihindari.

Dengan Menghindari hal-hal tersebut, diharapkan usaha kecil Anda akan berkembang. Setidaknya, risiko kegagalan dapat diminimalisir. salah satu hal fatal yang harus segera Anda hindari saat memulai merintis wirausaha keciladalah hanya terpaku pada satu ide yang terlalu lama. Akan lebih baik jika Anda mencatat beberapa ide bisnis yang sukai kemudian tentukan mana yang paling menguntungkan dan membuat Anda lebih maju di masa yang akan datang.

Jangan ragu dan takut untuk menggalih lebih dalam ide-ide tersebut. Kesalahan fatal lainnya saat mencoba usaha kecil adalah tidak adanya rencan pemasaran. Anda tetap harus memiliki rencana pemasaran walaupun usaha Anda baru saja dirintis dan masih termasuk usaha kecil. Tambah terus ilmu pemasaran Anda karena saat ini sudah banyak metode pemasaran dengan biaya yang kecil bahkan tanpa biaya alias gratis sekalipun.

Dengan cara pemasaran atau promosi yang tepat Anda tidak perlu menggunakan cara-cara terlarang atau yang tidak elegan hanya untuk mendapatkan keuntungan. Karena usaha yang masih berskala kecil, pengusaha cenderung meremehkan konsumen mereka. Contoh sederhananya adalah Anda cenderung tidak mengenali konsumen Anda seperti selera atau kesukaan mereka.

Jika Anda tidak mencoba mengenali konsumen dan mengembangkan apa-apa yang Anda tahu pada bisnis Anda, kemungkinan bisnis Anda akan mengalami kemunduran. Parahnya lagi, konsumen akan melirik pesaing Anda yang memang lebih paham terhadap apa yang diinginkan oleh mereka. Memang harus diakui bahwa mengatur keuangan bisnis tidaklah semudah yang dibayangkan khususnya jika bisnis masih kecil.

Sekali lagi, jangan anggap remeh hal kecil termasuk kondisi keuangan bisnis Anda. Ini karena kondisi keuangan bisa dijadikan patokan apakah bisnis Anda masih sehat atau tidak. Setelah itu, Anda bisa menentukan cara terbaik untuk mengembangkannya atau memperbaikinya. Sebagai pengusaha kecil, Anda mungkin masih memiliki sedikit pegawai.

Tapi, bukan berarti Anda harus mengabaikannya. Justru, Anda harus terus memotivasi, membimbing dan mengatur pegawai. Tentu saja, Anda harus tetap sabar, teguh, semangat, dan terampil saat berhadapan dengan mereka. Jika mereka puas, imbas positifnya juga akan sangat terasa pada bisnis yang Anda kembangkan saat ini.

Terkait dengan hal ini, beberapa wirausaha kecil merasa bahwa merintis berarti berjuan sendiri. Padahal, tidak semua hal harus dilakukan sendiri. Ada banyak sumber atau tenaga lain yang bisa dimanfaatkan demi mengembangkan usaha kecil Anda.

Paling akhir yang perlu Anda hindari saat merintis wirausaha kecil adalah menyerah. Tetap semangat dan yakin bahwa usaha Anda akan membuahkan hasil.

 

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *