Teropong Bisnis | Homepage
Hindari 7 Kebodohan Pengusaha Pemula Ini

Hindari 7 Kebodohan Pengusaha Pemula Ini

0 Comments 🕔30.Mar 2014

Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang berusaha membangkitkan industri UKM di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan membuat kebijakan yang mengatur kewajiban pajak pengusaha. Batas penghasilan Pengusaha Kena Pajak (PKP) diturunkan. Hal ini membuat banyak pengusaha pemula yang tertarik untuk memulai bisnis mereka.

Dunia bisnis di Indonesia sendiri tidak kalah keras dengan dunia bisnis internasional. Dan, banyak kasus, dimana pengusaha pemula harus menghentikan langkah mereka karena mendapatkan masalah. Sayangnya, sebagian besar dari mereka mendapatkan masalah karena kesalahan mereka sendiri. Berikut beberapa diantaranya:

Investasi Berlebihan

Kesalahan ini terjadi karena pengusaha pemula ingin terlihat hebat. Mereka langsung berinvestasi besar-besaran. Mengangkat karyawan banyak, menggunakan kantor di lokasi mahal, peralatan yang serba modern dan lainnya.

Menurut Alexa von Tobel, CEO dari LearnVest.com, hal diatas sangatlah salah. Seorang pengusaha, baik pemula atau berpengalaman, harus selalu fokus pada produk dan layanan mereka. Karena kedua hal inilah yang akan ditawarkan pada konsumen.

wirausaha, kebofohan, pengusaha, pemula, hindari

Sikap Meremehkan

Setiap pengeluaran dalam sebuah perusahaan mempunyai efek besar pada perusahaan tersebut, bahkan pengeluaran terkecil sekalipun. Sayangnya, banyak pengusaha pemula meremehkan hal ini, seperti laporan keuangan dan pajak. Akibatnya, perusahaan mereka terkena denda karena tidak membayar pajak.

Untuk mengatasi masalah ini, mereka menggunakan jasa konsultan. Hal ini tentunya adalah pengeluaran yang tidak perlu dan berlebihan. Bila mereka mampu menyelesaikan laporan keuangan dan pajak sebelumnya, maka hal ini tidak akan diperlukan.

Gaji Diri Sendiri

Semangat menggebu sangatlah baik. Tetapi, jangan sampai melupakan diri sendiri. Menurut Diana Ransom, pemerhati usaha kecil, hal ini dapat mengakibatkan masalah pada keuangan perusahaan.

Karena terlalu bersemangat, pengusaha pemula tidak menggaji dirinya sendiri. Dan, pada saat membutuhkan uang, mereka terpaksa mengambil uang perusahaan. Tentunya, hal ini akan berimbas pada perusahaan.

Terlalu Optimis

Pengusaha pemula banyak yang terlalu optimis. Yang perlu diingat, ada saat dimana perusahaan akan menghadapi krisis. Bila tidak disiapkan, maka akan berakibat fatal bagi perusahaan.

Aset Pribadi dan Perusahaan

Aset pribadi dan perusahaan perlu dipisahkan. Hal ini agar bila perusahaan mendapatkan masalah, aset pribadi akan terlindungi. Banyak pengusaha pemula yang malas melakukan hal ini. Dan, saat perusahana bermasalah, aset pribadi mereka akan terpakai untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kartu Kredit Pribadi

Seringkali pengusaha pemula menggunakan kartu kredit pribadi untuk kepentingan perusahaan. Meskipun perusahaan tersebut adalah miliknya, hal ini tentunya akan mendatangkan masalah. Selain masalah pada keuangan pribadi pengusaha, keseimbangan keuangan di perusahaan juga akan bermasalah.

Menggunakan Uang Perusahaan secara Berlebihan

Banyak pengusaha pemula yang ingin menggunakan yang terbaik untuk perusahaannya. Seharusnya, gunakan yang hanya dibutuhkan. Bila tidak, keuntungan perusahaan tidak akan sesuai dengan harapan. Hasilnya, proses pengembangan dan pertumbuhan perusahaan akan terhambat.

wirausaha, kebofohan, pengusaha, pemula, hindari

BACA JUGA:

Nama Bisnis dan 4 Pondasi Pentingnya

Mendapatkan Pelanggan di Hari Pertama Membuka Bisnis dengan Mudah

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *