Teropong Bisnis | Homepage
Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis

0 Comments 🕔30.May 2014

Memulai bisnis secepatnya memang baik agar Anda bisa mengetahui medan. Namun, bukan berarti bahwa Anda harus memulai bisnis secara buru-buru. Ada banyak bisnis yang dimulai dengan buru-buru tetapi akhirnya kandas di tengah jalan.

Alasan utama kandasnya bisnis tersebut adalah karena Anda mengerjakan bisnis tersebut setengah hati. Ketika bisnis tersebut berjalan, lama-kelamaan Anda merasa bahwa bisnis tersebut bukanlah passion Anda. Akhirnya setiap kali ada masalah bahkan jika masalah itu kecil, Anda tidak akan tahan dan memutuskan untuk mengakhiri bisnis yang sedang Anda rintis tersebut.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan memulai bisnis. Pertama, Anda harus pastikan bahwa bisnis tersebut adalah memang passion Anda. Dengan memastikan bahwa bisnis tersebut adalah bisnis kesukaan Anda, setidaknya Anda tidak akan cepat menyerah khususnya saat terjadi hambatan.

Menjalankan sesuatu dengan sepenuh hati biasanya hasilnya juga akan lebih maksimal. Kedua, dalam memulai bisnis, Anda juga perlu memperhatikan prospek ke depan bisnis yang akan Anda geluti.

Menjalankan bisnis sesuai minat memang baik namun Anda juga tidak boleh terlalu egois. Bayangkan jika bisnis adalah mata pencaharian Anda satu-satunya sedangkan prospek bisnisnya tidak terlalu baik untuk beberapa tahun ke depan.

Sebagai solusinya, buatlah daftar beberapa bisnis yang memang sepertinya akan Anda sukai. Kemudian barulah Anda pikirkan peluangnya di masa depan. Sebagai alternatif atau permulaan, Anda bisa memilih untuk mennjalankan bisnis yang keuntungannya kecil namun tetap bisa berjalan lama dan stabil.

Jika sudah mulai berjalan Anda bisa memikirkan bisnis yang keuntunganya lebih besar. Ketiga, perhatikan masalah di sekitar tempat Anda. Walaupun tampak sepele namun justru dari memperhatikan masalah inilah Anda bisa menemukan ceruk pasar.

Dalam hal ini, Anda harus memenuhi apa yang menjadi keluhan masyarakat atau calon pembeli Anda. Sebagai contoh, bisa jadi masyarakat mengeluh karena counter pulsa sangat jauh. Inilah kesempatan emas Anda untuk membantu mereka dengan cara membuat counter pulsa.

Keempat, bagaimana jika ternyata banyak pesaing yang juga menawarkan produk yang akan Anda jual? Anda tidak perlu khawatir karena yang perlu Anda lakukan adalah mengukur tingkat kompetisi bisnis. Sebelum memulai bisnis dengan tingkat kompetisi yang tinggi, Anda harus memperhitungkan apakah bisnis tersebut masih berpeluang di masa depan.

Jika bisnis tersebut sudah mulai jenuh maka pikirkan jenis bisnis lain namun jika masih bergairah silakan ikut bersaing. Namun, untuk memenangi persaingan Anda juga harus memastikan bahwa pelayanan Anda melebihi apa yang sudah ditawarkan oleh kompetitor.

Intinya, sebelum melakoni bisnis, Anda harus memiliki konsep dan strategi yang jelas. Dengan strategi dan konsep yang jelas setidaknya Anda bisa meminimalkan risiko. Tentu saja, Anda tidak boleh terlalu lama berkutat dalam menyusun strategi. Setelah semua tersusun rapi, ujicoba hasilnya dengan praktek.

bisnis pemula, memulai usaha, ide bisnis, peluang usaha, wirausaha

BACA JUGA:

Para Orang Kaya Amerika tidak Minat Investasi Property

Ingin Sukses Berbisnis Online? Ini Kuncinya

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *