Teropong Bisnis | Homepage
Google Adwords, Solusi Mudah untuk Bisnis dengan Budget Minim

Google Adwords, Solusi Mudah untuk Bisnis dengan Budget Minim

0 Comments 🕔13.Apr 2016

Internet saat ini telah dipandang sebagai kebutuhan penting, termasuk bagi masyarakat di Indonesia. Di awal tahun 2015 kemarin, tercatat setidaknya ada 88,1 juta pengguna internet aktif di Indonesia. Demikian pula data yang dihimpun dari Puskakom Universitas Indonesia juga menunjukkan dua alasan utama masyarakat Indonesia memakai internet yakni berkomunikasi lewat media sosial dan mencari info produk sebelum membelinya.

Fakta tersebut mendorong banyak bisnis dan brand untuk mendigitalisasikan usaha mereka supaya lebih mudah ditemukan oleh calon pembelinya mulai dari penggunaan web, media sosial untuk promosi, sampai Google Adwords.

Menurut Renatha Warsito selaku Digital Marketing Strategist Digital Indonesia, tidak sama dengan web dan media sosial yang sudah umum terdengar di kalangan masyarakat kita, Adwords milik Google masih cukup asing dengan masyarakat awam di tanah air.

Padahal, ini merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk menjangkau para pelanggan secara online. Tidak hanya itu saja, biayanya juga tergolong murah karena dapat disesuaikan dengan dana UKM (Usaha Kecil Menengah).

Sistem kinerja iklan yang ditawarkan tergolong cukup sederhana yakni dengan memanfaatkan keyword atau kata kunci. Ketika calon pelanggan mencari info tentang jasa atau produk tertentu lewat Google, hasil pencarian itu akan memberikan iklan yang memang berkaitan dengan kata pencarian tersebut.

Dengan demikian, orang yang melihat iklan itu merupakan orang yang memang sedang mencari info mengenai jasa atau produk tertentu sehingga kemungkinan membeli juga lebih besar. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh melalui Google Adwords.

Target Sesuai Lokasi

Fitur yang satu ini memungkinkan pihak pengiklan memilih di lokasi mana iklan tersebut ditampilkan sehingga iklan tak akan muncul di lokasi yang memang tak perlu. Tentu hal ini sangat membantu untuk meningkatkan kinerja dan penghematan biaya iklan.

Hasil Lebih Terukur

Tidak sama dengan cara iklan tradisional, melalui Adwords pihak pengiklan bisa mengukur tingkat keberhasilan ikan. Beragam detail juga ditampilkan mulai dari jumlah klik yang diperoleh dan jumlah impression.

Harga Efektif

Salah satu kelebihan utama dari Adwords terletak pada harganya yang tergolong efektif. Biaya yang dibutuhkan untuk iklan lewat Adwords sangat beragam tergantung dari dana yang dimiliki oleh pihak pengiklan. Selain itu pengiklan juga dapat menentukan harga yang hendak dibayar untuk tiap hasil yang diperoleh yaitu mulai dari Rp 1 ribu sampai Rp 100 ribu per klik.

Dengan bantuan ahli dalam bidang Adwords, kampanye iklan bisa dioptimalkan. Hasilnya biaya per klik iklan dapat menurun. Hal ini memungkinkan pengiklan untuk menaikkan traffic tanpa harus memperbesar budget.

Budget Terkontrol

Selain menawarkan harga yang terjangkau, Adwords juga memungkinkan pengiklan untuk memantai bagaimana tiap rupiah dikeluarkan dan apa saja yang diperoleh dari dana tersebut. Sebagai contoh, banyak telepon dari calon konsumen, berapa banyak pengguna yang melihat iklan, jumlah klik di web, dan lain sebagainya.

Peringkat Pertama di Mesin Pencari Google

Terdapat 92% pengguna Google tak pernah melakukan klik di lebih dari 10 halaman pertama. Ini membuat banyak pengusaha berlomba untuk mendapat tempat di halaman pertama. Namun untuk mendapatkan tempat di laman pertama mesin pencari Google tanpa iklan dapat memakan waktu hingga berbulan-bulan. Tetapi melalui Google Adwords, pengiklan juga dapat langsung memiliki tempat di laman pertama.

Google Adwords

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *