Teropong Bisnis | Homepage
Fokus pada Keunikan Target Konsumen, Kunci Sukses Semua Bisnis

Fokus pada Keunikan Target Konsumen, Kunci Sukses Semua Bisnis

0 Comments 🕔27.Apr 2014

Menentukan target konsumen sangatlah penting dilakukan pada awal memulai bisnis. Seringkali, pengusaha pemula ingin menjual produknya ke banyak pelanggan. Mereka beranggapan bahwa dengan tingginya jumlah penjualan, hal tersebut menggambarkan keuntungan.

Sebenarnya, menjual produk ke semua orang akan membawa kerugian untuk Anda. Anda tidak akan mampu membuat produk Anda lebih unik, karena Anda ingin melayani semua jenis konsumen. Akan lebih baik, bila Anda fokus pada satu kelompok konsumen. Hal ini akan membuat produk Anda unik dan berbeda dengan kompetitor Anda.

Berfokus pada satu kelompok konsumen akan memberikan Anda kebebasan. Pada satu kelompok dimana pilihan konsumen terbatas, Anda dapat memasang harga yang tinggi. Hal ini akan memberikan keuntungan yang lebih besar.

Untuk menemukan kelompok konsumen ini, Anda harus memulainya dari riset pasar. Riset pasar akan sangat berguna untuk menganalisis kompetitor, kebutuhan pasar dan kemampuan Anda memenuhi kebutuhan tersebut.

Dengan riset pasar ini, maka Anda akan dapat melihat produk atau jasa yang tepat untuk target konsumen tersebut. Keuntungan mengetahui hal ini sangatlah banyak. Contohnya, proses pemasaran dan promosi Anda akan jauh lebih mudah, karena Anda sangat mengenal target konsumen Anda. Selain itu, Anda juga dapat memuaskan konsumen dengan cara ini, sehingga mereka akan setia kepada produk atau jasa Anda.

Selain itu, Anda juga harus tahu, apakah target konsumen ini cocok untuk bisnis Anda. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti panduan berikut ini.

fokus bisnis, target konsumen, bisnis sukses, peluang usaha, wirausaha

Tentukan Target Konsumen Secara Detail

Anda perlu menentukan hal ini dan membidik kelompok konsumen yang benar-benar ada. Dan, beri detail untuk target konsumen Anda. Contohnya, pelajar, usia 10-15 tahun.

Ukuran Target Konsumen

Ukurang target konsumen Anda juga penting untuk diperhatikan. Pastikan, besar target konsumen sesuai dengan bisnis Anda. Atau dapat dikatakan, ukuran target konsumen tersebut harus mampu mendukung perkembangan bisnis Anda.

Misalnya, bila Anda hanya membidik pelajar usia 10-12 tahun di satu daerah saja, maka Anda akan sulit meraih untung. Perluas wilayah pemasaran dan target konsumen, tanpa mengurangi keunikan target tersebut.

Potensi Target Konsumen

Lihat apakah target konsumen yang Anda pilih belum terlalu banyak disentuh oleh dunia bisnis. Bila Anda menemukan target seperti ini, maka manfaatkanlah peluang ini. Jangan hanya karena kelompok konsumen ini sulit untuk dimaksimalkan, Anda beralih ke kelompok lain. Mungkin saja, bila Anda berhasil pada kelompok ini, Anda akan mendapatkan kesuksesan yang besar dan tanpa banyak kompetitor.

Dengan menentukan target konsumen untuk bisnis Anda, maka Anda akan dapat mudah fokus pada hal ini. Dan, fokus pada satu hal sangatlah baik dalam berbisnis. Hal ini akan memperkuat pondasi bisnis Anda, sehingga akan berkembang dan tumbuh kuat di masa depan.

fokus bisnis, target konsumen, bisnis sukses, peluang usaha, wirausaha

BACA JUGA:

5 Cara Memaksimalkan Keajaiban Fan Page

Pentingnya Brand Bisnis untuk Menunjang Perkembangan Bisnis

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *