Teropong Bisnis | Homepage
Enteng Menabung Demi Tujuan yang Sudah Ditetapkan

Enteng Menabung Demi Tujuan yang Sudah Ditetapkan

0 Comments 🕔22.Apr 2013

Apakah Anda menganggap diri Anda adalah orang yang sulit menabung meskipun Anda berpenghasilan besar? Jika demikian hal ini disebabkan karena cara pandang Anda yang salah terhadap pengertian menabung. Tidak hanya saja yang mengalami situasi demikian. Banyak orang yang menanyakan manfaat menabung.

Kemudian seringnya mereka memberikan jawaban yang tidak jelas jika ditanya buat apa mereka menabung. Jawaban-jawaban yang tidak jelas ini merupakan sebuah indikasi bahwa mereka tidak memiliki tujuan yang jelas mengapa mereka menabung. Pada intinya mereka menabung tanpa diiringi dengan tujuan yang jelas.

Konsep Menabung yang Salah

Menabung tanpa adanya tujuan yang jelas merupakan efek ajaran orang tua kita yang sedari kecil tidak mengajarkan kita menabung karena ada sebuah tujuan. Kita tentunya masih ingat bahwa dahulu semasa kecil orang tua menyuruh kita menabung. Akan tetapi kita tidak diberitahu tujuan apa yang ingin kita raih dari kegiatan menabung ini. Efeknya hingga sekarang kita berpendapat bahwa menabung adalah suatu kegiatan yang membebani dan cukup berat untuk dilaksanakan.

Namun konsep menabung akan berubah jika kita berpikir bahwa hasil tabungan kita akan sangat berguna bagi masa depan kita sendiri. Dengan kata lain tabungan adalah inventaris masa depan. Kondisi masa depan kita adalah tanggung jawab kita sendiri. Maka dari itu jika kondisi masa depan kurang baik, kita bisa dikatakan kurang bertanggung jawab pada diri sendiri.

Tetapkan Tujuan Menabung untuk Keluarga

Tidak hanya sangat baik untuk masa depan sendiri, melainkan juga akan sangat bermanfaat untuk masa depan keluarga kita terutama anak-anak kita. Adapun beberapa tujuan yang bisa kita rencanakan dari hasil tabungan kita, yaitu menabung untuk biaya pendidikan anak-anak, menabung untuk biaya kesehatan anak-anak dan pasangan serta diri sendiri, menabung untuk membeli mobil dan rumah, menabung untuk dana cadangan/ darurat yang mungkin diperlukan sewaktu-waktu, menabung untuk investasi, menabung untuk tujuan liburan dan hiburan, dan masih banyak tujuan lainnya yang bisa Anda setting sesuka Anda. Hasil tabungan Anda ini bisa dalam bentuk uang tunai maupun bentuk properti lain seperti tanah, emas, rumah dan masih banyak lainnya. Kita bisa menukar beberapa jenis properti di atas dengan uang tunai jika memang kita memerlukannya.

Konsep menabung di sini tidak hanya sebatas menyimpan uang tunai Anda ke bank atau ke ‘celengan’ di rumah Anda, melainkan juga bisa  dalam bentuk asuransi. Anda menyimpan uang Anda di sejumlah perusahaan penyedia jasa asuransi dalam bentuk premi yang dibayarkan tiap bulannya. Ada banyak jenis asuaransi yang bisa Anda manfaatkan, antara lain asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi mobil, dan masih banyak jenis asuransi lainnya. Dengan menyisihkan sedikit pendapatan kita di sejumlah perusahaan asuransi kepercayaan kita, secara tidak langsung kita menabung untuk menjamin adanya biaya pengobatan jika sewaktu-waktu kita sakit atau ada biaya reparasi mobil ketika mobil kita rusak atau mengalami kecelakaan.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *