Teropong Bisnis | Homepage
Cerdas Berinvestasi Properti

Cerdas Berinvestasi Properti

0 Comments 🕔13.Apr 2013

Setiap orang tentunya mendambakan kehidupan yang bahagia. Meski kebahagiaan tidak bisa diukur dengan harta, akan tetapi kenyataannya harta memang membantu seseorang untuk meraih kehidupan yang bahagia. Karena itulah memperoleh kehidupan finansial yang baik menjadi tujuan bagi banyak orang. Banyak orang yang bersedia bekerja keras, memutar otak dan berupaya untuk membuka usaha sendiri sebagai sarana investasi masa depan. Namun sebelum bisa melakukan aksi nyata, sebelumnya diperlukan pemahaman dan ilmu yang mencukupi. Untuk itulah penting bagi para calon investor untuk mengetahui ilmu berinvestasi.

Sektor investasi yang bisa digeluti sebenarnya sangat beragam. Akan tetapi jika berbicara mengenai sektor investasi yang termasuk aman, sektor properti adalah jawabannya. Peningkatan nilai investasi di sektor ini juga termasuk cepat. Meski investasi jenis ini termasuk investasi yang memiliki tingkat likuiditas yang rendah, namun nilainya yang selalu meningkat menjadikan investasi ini menjadi pilihan investasi yang tepat bagi mereka yang tidak ingin menanggung resiko yang besar. Untuk lebih mengenal investasi ini, tentunya penting untuk mengetahui keuntungan dan kerugian berinvestasi di sektor properti.

Prinsip Investasi

Sebelum melangkah lebih jauh, setiap investor baru harus mengetahui prinsip-prinsip yang berlaku di investasi. Dalam investasi pasti selalu ada resiko, dan pada prinsipnya return yang tinggi pasti selalu diimbangi dengan resiko yang tinggi juga. Meski Investasi Properti termasuk sektor investasi yang cukup aman, dibalik itu semua pasti selalu ada resiko. Prinsip inilah yang harus selalu diingat oleh para investor agar memiliki mental investor sejati.

Keuntungan dan Kerugian Investasi Properti

Investasi di sektor properti memang memiliki banyak keuntungan. Beberapa diataranya adalah tingkat keamanannya terhadap inflasi atau penurunan nilai mata uang. Ketahanan terhadap nilai inflasi inilah yang membuat investasi ini cukup tangguh terhadap resiko inflasi. Nilainya yang cenderung selalu naik juga menjadi keuntungan dari investasi ini. Setiap tahunnya nilai properti pasti akan selalu menanjak, terlebih jika properti tersebut terletak di wilayah yang memiliki potensi untuk menjadi tempat pemukiman penduduk atau bahkan memiliki potensi untuk menjadi kota besar.

Investasi properti tidak hanya sekadar membiarkan nilainya menanjak naik saja. Investasi ini juga memiliki keuntungan lain yang dapat diperoleh dengan cara menyewakannya. Akan tetapi disamping memiliki keuntungan, investasi properti juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan terbesar dari investasi ini adalah tingkat likuiditasnya yang rendah. Meski nilai properti cenderung selalu meningkat, akan tetapi menguangkan properti tidak bisa dilakukan dengan cepat. Resiko lain dari investasi properti adalah kerusakan bangunan karena bencana alam ataupun karena usia bangunan yang sudah tua.

Kerugian lain dari investasi ini adalah kesulitan dalam mengakses. Karena investasi ini sangat terikat tempat, maka untuk mengakses investasi ini terbilang tidak mudah. Agar tidak mengalami kerugian, investasi properti harus mempertimbangkan lokasi dan legalitas propertinya. Bagi mereka yang memang ingin serius menggeluti investasi ini, mereka bisa memilih untuk menjadi kontraktor bangunan atau dengan membangun kost-kostan atau hotel untuk disewakan.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *