Teropong Bisnis | Homepage
Cara Sukses Berinvestasi Bagi Karyawan

Cara Sukses Berinvestasi Bagi Karyawan

0 Comments 🕔25.Oct 2013

Sebagai seorang karyawan, Anda pasti memikirkan soal bagaimana menjalani masa pensiun dengan berkecukupan dan bahagia. Rheza Karyanto CFP selaku Assistant Vice President Head of Investment, Bancassurance, and Treasury Products Commonwealth Bank Indonesia menyadari pentingnya pensiun bagi seorang karyawan. Oleh sebab itu, ia menyarankan bagi karyawan untuk mempersiapkan pensiun sejak dini. Dengan mempersiapkan dana pensiun sejak dini diharapkan kehidupan masa depan lebih terjamin dan layak walaupun tidak aktif bekerja.

Menurutnya, menyiapkan dana pensiun bukan selalu memiliki bisnis sendiri. Anda bisa memulai dengan menabung penghasilan tetap setiap bulannya. Pertimbangkan jumlah tabungan kemudian lakukan dengan konsisten. Sebagai gambaran, Anda bisa menyisihkan pendapatan sebesar 10% hingga 30% untuk jumlah idealnya. Jumlah ini nantinya, bisa Anda gunakan sebagai investasi.

Perlu diingat bahwa jumlah tersebut dihitung di luar menabung dan membayar cicilan hutang. Salah satu caranya adalah memperlakukan persiapan ini layaknya kewajiban yang harus Anda penuhi ketika mendapatkan gaji. Jika Anda ingin mendapatkan kemudahan maka Anda juga bisa menggunakan fitur AutoInvest sebagai alat bantu investasi.

Walaupun tampak mudah namun jangan mudah tergiur dengan tawaran investasi yang sangat banyak dan menggiurkan tetapi tidak wajar. Yang terpenting adalah dengan merencanakan dan mempersiapkan dana pensiun dalam bentuk investasi ini secara baik dan benar untuk jangka panjang. Hati-hati dengan skema Ponzi, piramida ataupun permainan uang lainnya yang hanya memberikan iming-iming keuntungan besar dalam waktu singkat.

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa jenis investasi yang dijalankan dengan keahlian khusus. Jika Anda memang tidak memiliki keahlian khusus maka janga melakukan investasi melalui futures, valas spekulasi, komoditas,saham eksotik, dan lain sebagainya. Perlu diingat bahwa menjalankan investasi bukan hanya soal ketersediaan dana atau uang tapi juga soal ilmu pengetahuan yang memadai. Sering-seringlah mengikuti pelatihan atau training yang diadakan oleh kantor Anda terutama yang membahas seputar investasi dan menyiapkan dana pensiun.

Jika sudah mendapatkan ilmu baru mengenai investasi maka jangan cepat puas. Pelajari dan galih lagi ilmu-ilmu investasi lainnya sehingga pengetahuan Anda tentang investasi akan semakin bertambah. Dengan adanya ilmuinvestasi yang memadai, diharapkan Anda bisa memilih jenis yang sesuai dengan kemampuan finasial Anda. Tentunya, yang paling penting adalah nantinya Anda bisa memilih investasi yang tepat dan aman.

Anda bisa berkaca dari mereka yang sudah melakukan dan memilih investasi yang aman dan tepat. Mereka yang telah sukses tidak pusing lagi memikirkan kesejahteraan setelah pensiun karena sudah mempersiapkan dana pensiun tersebut sejak dini bahkan ketika mereka belum pensiun. Ingat! Segalanya membutuhkan proses termasuk investasi. Ada baiknya untuk mulai bertanya-tanya mengenai investasi dan persiapan dana pensiun sebelum akhirnya memutuskan untuk berinvestasi.

 

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *