Teropong Bisnis | Homepage
Cara Mudah Mengatur Dana untuk Investasi

Cara Mudah Mengatur Dana untuk Investasi

0 Comments 🕔17.Nov 2013

Menabung memang bisa dijadikan salah satu cara untuk menjaga aset yang kita miliki saat ini. Namun, dengan kondisi ekonomi yang tidak menentu, rupanya menabung saja tidaklah cukup. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh para konsultan keuangan adalah menggunakan instrument investasi. Saat sekarang ini, suda banyak sekali produk investasi di pasaran sehingga tidak sulit untuk memulainya.

Para konsultan menilai bahwa investasi merupakan paling jitu untuk mengembangkan dana atau aset yang kita miliki saat ini. Anda bisa mulai berinvestasi secara tradisional seperti membeli tanah, rumah, perhiasan, emas, atau perak. Jika sudah punya ilmu yang cukup Anda juga bisa menjajal investasi modern seperti reksa dana, obligasi atau saham.

Namun, sebelum memulainya, Anda perlu memperhatikan beberapa hal mengenai investasi. Dengan ilmu investasi yang benar Anda tidak hanya akan mendapatkan untung yang besar tetapi juga mengurangi risiko yang ada. Sebagai contoh, jumlah investor pasar modal di Indonesia masih sangat kecil walaupun keuntungan investasi ini sangat menjanjikan.

Salah alasannya adalah karena faktor risiko yang besar. Padahal, jika Anda memiliki ilmu investasi pasar modal maka investasi ini akan sangat menguntungkan dengan risiko yang tidak terlalu besar pula. Tapi, Anda juga perlu ingat bahwa investasi bukanlah hal yang instant. Anda membutuhkan waktu untuk akhirnya mendapatkan keuntungan.

Alasan paling umum dan klise untuk tidak berinvestasi adalah karena faktor ekonomi. Perlu Anda ketahui bahwa investasi bukan hanya untuk mereka yang bermodal besar saja. Berapapun pendapatan Anda, asal Anda bisa mengaturnya dengan benar maka Anda akan tetap bisa berinvestasi.

Safir Senduk dan Ahmad Ghozali selaku perencana keuangan menyatakan bahwa investasi bukanlah soal besar kecilnya pendapatan Anda. Investasi lebih kepada kesungguhan dan niat Anda untuk memperbaiki masa depan. Memang, tidak bisa dipungkiri jika dana Anda terbatas maka pilihan investasi juga akan menjadi terbatas.

Tapi, kembali lagi bukan berarti tidak ada investasi yang tepat untuk Anda. Keterbatasan hanya pada saat melakukan penyebaran dan pemindahan dananya saja. Salah satu strateginya adalah dengan menggunakan produk tabungan. Anda bisa mulai menyisihkan sekitar 10 hingga 20% dari pendapatan Anda untuk investasi.

Pisahkan dana investasi tersebut dari rekening pribadi Anda. Setelah tabungan tersebut cukup barulah Anda bisa mulai memilih produk investasi yang sesuai dengan keinginan Anda. Contohnya, Anda bisa memindahkan tabungan tersebut pada reksa dana, deposito atau emas. Investasi reksa dana menjadi pilihan paling cepat karena nilai investasi yang terjangkau.

Anda hanya perlu menyisihkan sekitar Rp. 500.000 maka Anda sudah memiliki 1 produk reksa dana. Kemudian, sisihkan sekitar Rp. 100.000 setiap bulan untuk menambah portofolio Anda. Jika investasi reksa dana Anda sudah mulai aman dan cukup maka ambil sebagian dan beli produk investasi lain dengan keuntungan yang lebih besar pula. Perjalanan investasi Anda memang akan terlihat lambat tapi konsisten menjadi kunci utamanya.

 

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *