Teropong Bisnis | Homepage
Cara Menjadi Lebih Kaya dan Sejahtera

Cara Menjadi Lebih Kaya dan Sejahtera

0 Comments 🕔24.Oct 2013

OJK saat ini sedang mendalami kendala penyelesaian konsep keuangan yang nantinya memberikan solusi bagi masyarakat akan konsep keuangan yang benar. Secara spesifik, konsep tersebut dinamakan dengan financial literacy.

Nantinya, konsep ini akan diimplementasikan untuk perusahaan non keuangan, industri keuangan, keluarga, bahkan perorangan. Intinya, konsep financial literacy bisa disebut juga dengan melek keuangan. Anda bisa memulai dengan mengubah pola pikir yang konsumtif menjadi pola pikir yang investatif.

Jika Anda mampu mengubah pola pikir ini maka Anda akan dapat memenuhi kebutuhan dengan mudah bahkan kebutuhan Anda di masa depan. Langkah awal adalah dengan membedakan kebutuhan dan keinginan. Kebutuhanmerupakan suatu yang diperlukan agar mampu mencapai kesejahteraan. Jika kebutuhan tidak dipenuhi maka Anda akan merasa tidak sejahtera. Intinya, kebutuhan memang mutlak harus ada. Di sisi lain, keinginan adalahkebutuhan tambahan.

Pemenuhan keinginan akan membuat Anda lebih puas. Kalaupun tidak terpenuhi maka kesejahteraan Anda tidak akan terganggu. Singkatnya, keinginan tidak mesti harus ada. Setelah dapat membedakan 2 hal dasar tersebut, Anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk mengaplikasikan konsep financial literacy.

Misalnya, Anda harus menentukan terlebih dahulu cita-citaAnda baik untuk jangka pendek, menengah atau panjang. Hal ini harus dilihat dari sisi finansial. Kemudian, Anda perlu mendiagnosa kondisi keuangan Anda. Konsep ini biasa disebut dengan financial check up.

Tujuan diagnosa ini adalah untuk mengetahui kemana saja uang Anda selama ini. Diharapkan, dengan diagnosa ini Anda bisa menemukan solusi yang terbaik sehingga cita-cita Anda bisa tercapai. Nantinya, Anda akan mengetahui antara rasio hutang Anda vs aset Anda, rasio likuiditas, rasio cicilan hutang vs pendapatan, serta rasio kemampuan investasi.

Kemudian, alokasikan aset keuangan Anda dengan benar. Dengan mengalokasikan uang dengan benar maka 90% investasi Anda akan berkembang. Dalam hal ini Anda harus memahami beberapa hal seperti tabungan rutin, tabungan penampungan, deposito, deposito mata uang asing, dan reksadana.

Selain memahami hal-hal yang sudah dijelaskan di atas, untuk mencapai konsep financial literacy maka Anda masih harus mengerti beberapa hal lainnya. Hal-hal tersebut diantaranya pemahaman akan kartu kredit, kredit tanpa agunan dan kredit multi guna.

Lebih lanjut lagi, jika Anda ingin sejahtera maka ada beberapa faktor penting yang harus Anda perhatikan. Pertama, bekerjalah untuk kesejahteraan masa kini dan masa depan. Kedua, alokasikan pendapatan Anda setidaknya 10% untuk kebutuhan masa datang.

Jadi, Anda hanya bisa membelanjakan pendapatan 90% saja. Alokasi ini bisa berupa investasi sesuai dengan jangka waktu yang Anda butuhkan. Dengan mengikuti cara-cara di atas maka kemungkinan Anda untuk semakin kaya dan sejahtera di masa yang akan datang akan semakin besar. Anda tidak perlu memusingkan hari tua Anda lagi.

 

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *