Teropong Bisnis | Homepage
Cara Menghemat Uang

Cara Menghemat Uang

0 Comments 🕔30.May 2013

Setiap tanggal muda tiba, umumnya orang akan menghambur-hamburkan uangnya untuk bersenang-senang. Tiba saatnya akhir bulan, biasanya sebagian besar baru menerapkan pola hidup hemat. Kebiasaan buruk ini kerap kali terjadi di Indonesia. Bahkan di sampai di hari tua, mereka tidak mempunyai tabungan khusus yang disisihkan ketika mereka masih muda. Agar terhindar dari kebiasaan yang demikian, ada baiknya bagi kita semua untuk selalu menyisihkan sedikit penghasilan kita untuk tabungan hari tua kelak.

Tiap orang memiliki cara tersendiri untuk menyisihkan penghasilan mereka. Ada sejumlah orang yang sengaja memangkas pengeluaran tiap bulannya khusus untuk menambah tabungan masa tua. Masih ada beberapa cara lainnya untuk dapat menghemat uang, antara lain adalah sebagai berikut:

Berhenti Langganan TV Kabel

Cara Menghemat Uang

Pertama, dengan cara mengurangi saluran TV yang jarang Anda tonton. TV kabel disinyalir menjadi salah satu faktor penyebab membengkaknya pengeluaran tiap bulan. Padahal tidak semua pemilik TV kabel menonton semua channel TV karena sibuk bekerja. TV kabel ini tergolong sebagai salah satu jenis pengeluaran yang mahal karena channel TV tidak hanya terdiri dari channel TV lokal saja, melainkan ada banyak channel TV internasional.

Terkadang, gaya hidup telah membuat seseorang mengharuskan untuk memasang TV kabel. Padahal kenyataannya ia hanya menonton channel favoritnya saja. Jadi, mengapa harus membayar lebih jika hanya menonton satu atau dua channel TV saja?

Rutin Menservis Kendaraan Agar Tidak Tergiur Membeli Kendaraan Baru

Cara Menghemat Uang

Kedua, dengan menghindari gonta-ganti kendaraan. Sebuah survey menunjukan bahwa rata-rata orang dari kalangan menengah atas dan kalangan menengah, mereka bisa mengganti kendaraan mereka rata-rata empat kali dari masa hidupnya. Meskipun sudah menjadi standar baru, yaitu dalam masa empat atau lima tahun kendaraan seharusnya diganti dengan yang baru, namun standarisasi ini bukanlah sebuah kewajiban.

Solusi yang tepat agar tidak cepat berganti kendaraan yaitu dengan cara merawat kendaraan dengan baik. Perawatan kendaraan baik mobil maupun sepeda motor akan membuat kualitas performa kendaraan akan tetap baik layaknya kendaraan baru. Anda dapat menservis kendaraan Anda pada bengkel langganan Anda secara rutin. Biaya servis dan biaya membeli sebuah kendaraan baru sangat jauh selisihnya, bukan?

Batasi Penggunaan Data pada Ponsel

Cara Menghemat Uang

Ketiga, dengan cara mengurangi penggunaan layanan data pada ponsel. Di zaman super canggih ini,  ponsel tidak lagi hanya berfungsi sebagai alat komunikasi atau alat untuk mengirimkan pesan singkat. Ponsel kini juga bisa dijadikan sebagai media penyambung internet. Tambahan fungsi inilah kemudian menambah pengeluaran Anda untuk membeli tidak hanya pulsa telpon saja, akan tetapi juga perlu membeli pulsa internet agar tersambung dengan servis layanan data internet. Dengan adanya kemudahan dan kepraktisan inilah kemudian banyak masyarakat yang lebih cenderung berkomunikasi via layanan internet seperti WhatsApp, Line, dan masih banyak lainnnya.

Jika ingin berhemat, sebaiknya kebiasaan ini Anda hentikan. Caranya yaitu perlahan-lahan Anda kurangi penggunaan pulsa internet seperti dengan cara menonaktifkan push email secara otomatis  dan lebih sering menggunakan Wi-Fi.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *