Teropong Bisnis | Homepage
Cara Membuat Pelanggan Betah Hanya dengan Pewangi

Cara Membuat Pelanggan Betah Hanya dengan Pewangi

0 Comments 🕔06.Jun 2014

Membangun sebuah bisnis tidak hanya soal menjual saja. Lebih dari itu, membangun bisnis adalah soal melayani pembeli secara baik sehingga mereka menjadi pembeli setia di tempat Anda. Tidak jarang walaupun barang yang ditawarkan sangat bagus namun nyatanya toko tersebut sangat sepi pembeli. Bisa jadi hal ini terjadi karena pemiliknya tidak memperhatikan detail yang membuat pembelinya betah.

Ada banyak cara membuat pelanggan betah di toko Anda. Salah satunya adalah memperhatikan kebersihan ruangan. Kebersihan tidak hanya soal penataan yang rapi tetapi juga soal kesegaran di area sekitar toko.

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan aroma di sekitar toko Anda. Semprotkan pewangi yang disukai oleh kebanyakkan pembeli. Walaupun terbilang sepele namun menyemprotkan pewangi yang tepat merupakan cara membuat pelanggan Anda betah berlama-lama berada di toko Anda.

Jika Anda belum mengetahui jenis pewangi apa yang paling disukai, lakukan survey terlebih dahulu. Anda perlu melakukan survey terlebih dahulu karena ada pula jenis pewangi yang justru membuat pelanggan Anda gusar dan ingin cepat meninggalkan toko Anda.

Sebaliknya, Anda harus memilih jenis pewangi ruangan yang justru akan meningkatkan gairah atau semangat belanja para pelanggan. Jenis pewangi yang Anda gunakan menjadi sangat penting khususnya jika konsep toko Anda adalah konsep toko terbuka dan sangat ramai. Anda mungkin masih tidak percaya akan hal remeh ini tapi buktinya perusahaan besar seperti Apple sangat memperhatikan jenis pewangi ruangan yang disemprotkan di sekitar toko mereka.

Fakta mengejutkan adalah Apple rela menggelontorkan dana hingga mencapai US$50.2 juta hanya untuk mencari aroma pewangi ruangan yang sesuai bagi pelanggan mereka. Menurut penelitian dari Concordia University aroma pewangi yang digunakan di sebuah toko sangat mempengaruhi minat dan semangat seseorang dalam belanja.

Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa toko yang terbuka dan menyebarkan aroma keleluasaan justru membuat pembeli tidak betah berlama-lama di toko tersebut. Itu artinya, pemilihan pewangi ruangan untuk toko sangat berpengaruh terhadap kunjungan pembeli bahkan mempengaruhi niat mereka untuk membeli atau tidak.

Tentu saja, Anda bisa memadukan cara membuat pelanggan betah dengan pewangi ini dengan cara lain seperti pelayanan yang ramah, tempat yang bersih serta penataan yang rapi dan memudahkan pembeli. Bagaimana dengan toko Anda?

Apakah Anda sudah peduli dengan hal sepele ini? Jika belum dan saat ini toko Anda tidak terlalu ramai, cara ini bisa Anda coba. Cari pewangi ruangan yang sesuai dengan nuansa toko Anda kemudian semprotkan.

Jangan menyemprotkan secara berlebihan agar aroma yang keluar juga tidak terlalu berlebihan yang justru mengganggu kenyamanan pembeli dan pelanggan Anda. Selamat mencoba cara sederhana ini dan semoga pembeli Anda semakin betah dan sering mengunjungi toko Anda untuk membeli produk favorit mereka.

pelanggan, konsumen, nasabah, usaha, bisnis

BACA JUGA:

4 Tips Sukses untuk Golongan Emas Indonesia, Golongan Anak Muda Berinvestasi

7 Tips Memulai Bisnis Saat Mahasiswa Dan Sukses Saat Lulus

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *