Teropong Bisnis | Homepage
Cara Melakukan Investasi di Sektor Reksa Dana

Cara Melakukan Investasi di Sektor Reksa Dana

0 Comments 🕔16.Sep 2013

Berinvestasi di sektor reksa dana merupakan hal yang cukup populer dilakukan hingga saat ini. Namun demikian banyak orang yang masih mempertanyakan mengenai bagaimana cara berinvestasi di reksa dana tersebut dan juga apa saja persiapan yang harus dilakukan. Belum lagi, banyak rumor yang beredar akhir-akhir ini yang mengatakan bahwa investasi yang dilakukan di bisnis reksa dana tersebut ternyata saat ini sedang mengalami penurunan sehingga banyak investor yang memutuskan berhenti untuk menginvestasikan modalnya di bisnis yang satu ini. Definisi dari reksa dana adalah sebuah wahana atau tempat investasi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Kemudian investasi tersebut bisa dikumpulkan dan dikelola dalam instrument yang ada pada pasar modal.

Maka dari itu tidak mengherankan jika banyak orang yang sebenarnya sangat tertarik dengan investasi di reksa dana. Terutama jika mereka memiliki pengetahuan yang cukup bagus di bisnis reksa dana ini. Jika anda masih bingung dengan apa itu reksa dana, maka inilah gambaran sederhana mengenai apa itu reksa dana. Bisnis reksa dana itu umpama sebuah bus antar kota. Dimana bus tersebut berisikan banyak sekali penumpang. Penumpang ini semuanya adalah investor. Pengemudi dari bus ini adalah sopir yang bisa kita sebut sebagai “industri pasar modal” dari reksa dana. Seperti halnya bus-bus lainnya, bus tersebut juga memiliki tiket perjalanan yang mana dijual langsung oleh agen penjual tiket bus. Orang yang menjadi penjual tiket bus ini disebut sebagai agen penjual dari bisnis reksa dana.

Agen penjual ini akan menawarkan bisnis reksa dana ini pada masyarakat secara langsung, namun tidak menutup kemungkinan pula mereka juga akan melakukannya secara tidak langsung yaitu melalui institusi keuangan yang sudah memiliki ijin, yaitu bank. Untuk bisa menjadi seorang agen penjual, maka institusi reksa dana, baik itu bank atau perusahaan, harus memiliki izin untuk melakukan penjualan  reksa dana tersebut. Jika tidak maka nantinya tentu saja mereka akan berhadapan dengan masalah. Namun, agen penjual ini tidak bertanggung jawab terhadap apa-apa yang terjadi di dalam busnya atau investasi reksa dananya, karena tugas mereka hanyalah menjual tiket saja.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *