Teropong Bisnis | Homepage
Cara Jitu Memenangkan Kompetisi Bisnis

Cara Jitu Memenangkan Kompetisi Bisnis

0 Comments 🕔21.Feb 2014

Seiring dengan kemudahan membuka bisnis, maka semakin banyak pula pesaing yang bermunculan. Persaingan akan semakin kentara khususnya jika bisnis yang Anda jalankan sudah sangat umum di pasaran. Contohnya, pesaing akan bertebaran dimana-mana saat Anda berjualan sembako atau jual pulsa.

Tentu saja, bukan berarti Anda harus berhenti dan memutuskan untuk tidak menjalankan bisnis lagi. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memenangkan kompetisi bisnis. Menang di sini berarti pelanggan lama tidak beralih ke pesaing Anda bahkan pembeli baru semakin berdatangan. Paling penting adalah memenangkan kompetisi tersebut secara sehat agar kemenangan bisa bertahan lebih lama.

Salah satu cara untuk memenangkan kompetisi bisnis adalah dengan menyiapkan strategi promosi yang tepat. Perlu Anda ingat bahwa produk yang bagus belum tentu laku keras. Faktor gencarnya promosi menjadi faktor penting untuk memuluskan bisnis Anda dan memenangi persaingan bisnis.

Banyak sekali cara melakukan promo yang tepat dan menarik. Trik klasik namun masih terus mengundang pembeli adalah pemberian potongan harga atau diskon. Jika bisnis Anda berjalan lancar, bukan berarti semuanya aman. Tentu saja, Anda masih harus tetap waspada dan terus memperbaiki celah-celah dalam bisnis yang sedang Anda jalankan.

Selain fokus dengan bisnis Anda, sesekali Anda juga harus mengamati kompetitor Anda. Tujuan dari mengamati kompetitor adalah mengambil pelajaran dari mereka. Dalam hal ini, Anda bisa tahu mana yang baik untuk bisnis Anda dan mana yang tidak. Terapkan pada bisnis Anda sendiri sehingga bisnis yang Anda jalankan semakin berkembang.

bisnis, kompetitor, usaha, tips usaha

Intinya, pesaing atau kompetitor bisnis tidak untuk ditakuti tetapi mereka justru hadir untuk memberikan pelajaran penting bagi Anda baik saat pesaing bisnis Anda berhasil ataupun gagal. Masih ada satu lagi kunci sukses untuk memenangkan kompetisi bisnis yang semakin ketat ini. Dalam hal ini, konsumen merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah bisnis.

Bisa dibayangkan bagaimana bisnis Anda jika tidak ada konsumen yang membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Singkatnya, konsumen adalah sumber masuknya keuntungan. Untuk itu, Anda bisa memenangkan kompetisi dengan pesaing bisnis Anda dengan cara menjaga hubungan baik dengan konsumen.

Dengan menjaga hubungan baik dengan konsumen minimal Anda bisa tetap mempertahankan pelanggan lama Anda. Walaupun begitu, jangan anggap remeh hal ini karena bisa jadi pelanggan lama Anda yang puas justru akan membantu Anda untuk menarik pelanggan yang baru.

Komunikasikan hal ini kepada karyawan Anda sehingga pelanggan puas dengan layanan Anda. Kalaupun ada pelanggan yang merasa tidak puas maka karyawan Anda pun bisa menangani secara benar agar mereka tetap puas pada akhirnya.

Dengan menjalankan tips di atas dengan rutin dan perjuangan yang ulet maka kompetisi bisnis akan Anda menangkan. Anda tidak perlu khawatir terhadap berbagai macam kompetitor yang datang karena Anda sudah memiliki cara tersendiri untuk mempertahankan bisnis Anda tersebut.

bisnis, kompetitor, usaha, tips usaha

BACA JUGA:

Lokasi Usaha, Pondasi Ladang Emas Dalam Bisnis

Merintis Bisnis Toko Reparasi Sepatu Di Luar Negeri

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *