Teropong Bisnis | Homepage
Cara Jitu Komunikasi dengan Pelanggan agar Bisnis Anda Sukses Besar

Cara Jitu Komunikasi dengan Pelanggan agar Bisnis Anda Sukses Besar

0 Comments 🕔09.Oct 2013

Pelanggan atau konsumen merupakan salah satu bagian penting dalam bisnis. Bila Anda mampu menciptakan hubungan komunikasi dengan pelanggan yang baik, maka hal tersebut akan membantu usaha Anda. Anda akan lebih mudah meraih kesuksesan.

Komunikasi yang baik dengan pelanggan sangat penting untuk semua usaha. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin memulai atau saat ini sedang menjalankan usaha dibidang jasa, hal ini adalah jantung dari usaha Anda.Komunikasi yang baik akan membuat pelanggan Anda percaya pada jasa yang Anda tawarkan. Dan, hal ini sangatlah penting untuk pengembangan bisnis bidang jasa Anda.

Untuk membuat pelanggan dapat berkomunikasi dengan baik, dan Anda dapat memperoleh kepercayaan mereka, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan.

  1. Jangan menganggap bahwa pelanggan adalah target penjualan Anda

Bila Anda menganggap bahwa pelanggan adalah orang yang akan membeli produk atau jasa anda, maka, akan sulit membangun kepercayaan dan menjual jasa atau produk Anda. Akan lebih baik, bila Anda membangun hubungan dan komunikasi yang baik dengan pelanggan Anda.

Bila Anda mampu membangun komunikasi yang baik, maka, Anda akan memperoleh kepercayaan pelanggan Anda. Dan, Anda akan lebih muda menjual produk atau jasa apa saja yang Anda tawarkan kepada mereka.

  1. Jangan hanya menjual

Yang perlu Anda lakukan adalah membuat komunikasi Anda dengan pelanggan, bermanfaat. Kemukakan manfaat yang bisa mereka dapatkan. Dan, yang paling penting, berilah solusi kepada pelanggan Anda.

Jenis komunikasi semacam ini akan membuat pelanggan Anda lebih percaya kepada Anda. Dan, secara otomatis, pelanggan Anda akan tertarik untuk menggunakan dan membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

  1. Berteman dengan pelanggan

Seperti yang disebutkan diatas, kepercayaan adalah hal terpenting dalam membangun komunikasi dengan pelanggan. Oleh karena itu, memperlakukan pelanggan layaknya teman adalah cara terbaik untuk mendapatkan kepercayaan itu. Dan, bila Anda juga memberi solusi pada pelanggan Anda, maka kepercayaan mereka akan Anda dapatkan.

  1. Pendengar yang baik

Komunikasi terbaik dengan pelanggan terdiri dari 90% mendengarkan apa yang mereka sampaikan. Dan, Anda juga harus memberikan solusi yang mereka butuhkan saja.

  1. Hubungan baik dengan pelanggan

Saat Anda memberikan solusi untuk pelanggan, maka pelanggan tidak akan serta merta menerimanya. Mereka akan membandingkan solusi Anda dengan pihak lain.

Oleh karena itu, untuk mempertahankan pelanggan, Anda harus menjaga komunikasi dengan pelanggan Anda. Utamakan “emotional benefit” agar pelanggan selalu kembali kepada Anda.

  1. Memberikan yang Anda janjikan

Untuk mempertahankan pelanggan, Anda juga harus memberikan apa yang Anda janjkan kepada mereka. Cara ini baik untuk mempertahankan komunikasi yang baik yang sudah terjalin dengan pelanggan Anda. Dan, Anda harus berhati-hati. Bila Anda tidak memberikan seperti yang Anda janjikan, Anda akan kehilangan pelanggan dan akibatnya sangatlah buruk bagi bisnis Anda.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *