Teropong Bisnis | Homepage
Cara Cerdik Berinvestasi di Bidang Properti

Cara Cerdik Berinvestasi di Bidang Properti

0 Comments 🕔10.Oct 2013

Properti memang salah satu investasi yang menjanjikan. Namun, membeli properti untuk investasi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Membeli properti dengan perasaan atau hati ketimbang logika tidak dianjurkan jika Anda ingin menggunakannya sebagai investasi. Intinya, cara pembelian rumah untuk investasi sangat berbeda dengan pembelian untuk hunian pribadi.

Hal ini juga diungkapkan oleh editor harian Your Money, Anthony Keane. Keane menyatakan bahwa investor harus memiliki pola pikir yang berbeda dengan pembeli rumah biasa karena motif pembelian adalah untuk mendapatkan keuntungan atau pendapatan. Rumah tidak akan digunakan untuk mengesankan orang lain kecuali pembeli atau penyewanya nanti. Untuk itu, ada beberapa tips bagi Anda untuk membeli rumah khususnya rumah untuk investasi agar nantinya Anda tidak terlalu emosional sebelum memutuskannya.

Setidaknya, Anda bisa mengetahui cara berpikir seorang investor saat membeli properti agar mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membeli rumah di daerah yang terbaik namun sudah dalam kondisi rusak bisa jadi menguntungkan bagi Anda khususnya jika strategi investasi Anda cerdas. Hal ini bisa dilakukan jika Anda mencari rumah dengan biaya perawatan yang rendah.

Selain itu, jangan membeli rumah dengan warna sesuai dengan selera Anda. Jika rumah tersebut akan digunakan sebagai investasi maka sebaiknya beli yang berwarna netral. Walaupun nampak sepele tapi nyatanya penyewa rumah malas untuk mengganti warna rumah yang mereka kontrak. Lebih lanjut lagi, rumah dengan warna netral sangat mudah digabungkan dengan furniture apapun.

5.Cara Cerdik Berinvestasi di Bidang Properti2

Tentunya, Anda juga harus menyesuaikan lokasi properti dengan calon penyewa. Anda harus membeli rumah dengan lokasi yang strategis sesuai dengan calon penyewa. Contohnya, jika Anda menyasar penyewa mahasiswa maka pastikan bahwa lokasi rumah mudah untuk diakses oleh transportasi umum. Jika Anda ingin menyewakan untuk keluarga maka dekatkan rumah dengan fasilitas umum seperti sekolah atau pasar. Lakukan survey kecil-kecilan untuk mengetahui kecenderungan masyarakat di sekitar lokasi rumah tersebut.

Patrick Bright sebagai penulis dan pembeli agen menyatakan pentingnya investor untuk mengevaluasi properti mereka setidaknya 6 bulan sekali. Kemudian, sebagai investor, Anda perlu melihat apakah Anda perlu untuk menambah investasi tambahan untuk merenovasi rumah. Tentunya, Anda harus memastikan bahwa Anda masih mendapatkan keuntungan dari investasi ini. Jangan lupa untuk memiliki rencana jangka panjang.

Tulis rencana-rencana terkait investasi properti tersebut. Anda boleh tidak memiliki jangka panjang untuk pembelian rumah pribadi namun Anda harus merencanakan langkah jangka panjang Anda jika membeli rumah untuk investasi. Berinvestasi di bidang properti memang menjanjikan keuntungan yang besar namun faktanya investasi di bidang ini tidaklah mudah.

Paling penting adalah mengesampingkan perasaan saat membeli dan memperlakukan rumah sebagai investasi. Semoga dengan tips di atas Anda mendapatkan keuntungan yang maksimal dari investasi properti.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *