Teropong Bisnis | Homepage
Cara Aman Berinvestasi di Pasar Modal

Cara Aman Berinvestasi di Pasar Modal

0 Comments 🕔25.Dec 2013

Dengan kondisi pasar saham yang tidak menentu seperti sekarang ini, banyak investor yang mengalihkan dana mereka untuk investasi pasar modal. Sebenarnya, investasi ini jenis ini tidak terlalu sulit untuk dijalankan asalkan Anda tahu trik dan strateginya. Salah satu hal penting yang harus Anda lakukan sebelum melakoni investasi jenis ini adalah dengan melakukan analisa keuangan atau sering disebut dengan financial check up.

Salah satu pakar perencana keuangan, Aidil Akbar Majid menyatakan bahwa melakukan analisis atau financial check up sebelum melakukan investasi pasar modal. Namun, Aidil juga menekankan pentingnya melakukan langkah secara berurutan. Financial check up sendiri berada pada urutan ke 6 dari tahapan berinvestasi di pasar modal.

Tentu saja, Anda harus mengetahui 5 tahapan lainnya sebelum akhirnya berkecimpung di investasi jenis ini. Untuk tahap pertama, Aidil menyarankan Anda untuk melihat hutang. Dalam hal ini, Anda sebagai calon investor harus sudah menyelesaikan hutang khususnya hutang yang bersifat konsumtif.

Setelah memperhatikan hutang, Anda juga harus memperhatikan hal lain yaitu cash flow atau aliran dana. Aliran dana ini adalah aliran dana yang masuk dan keluar sehari-harinya. Sebelum berinvestasi dalam pasar modal, Anda harus memastikan bahwa arus dana atau uang Anda sudah menunjukkan ke arah yang positif.

investasi pasar modal

Selain itu, Anda juga harus menyediakan dana darurat. Pastikan dana darurat sudah tersedia sehingga investasi yang Anda jalankan akan lebih tahan lama. Walaupun terlihat sepele namun dana darurat fungsinya sangat penting. Contohnya, ada masa di mana bursa sedang turun dan kebetulan Anda juga sedang mengalami krisis keuangan.

Hal ini akan menyulitkan Anda khususnya jika Anda tidak memiliki dana darurat. Bisa jadi Anda mengalami kerugian karena harus menarik dana justru di saat bursa masih dalam kondisi yang jelek. Setidaknya, dana darurat bisa digunakan untuk menghidupi Anda dan keluarga sambil mencari solusi lainnya.

Lebih lanjut lagi, Anda juga harus memecah investasi sesuai dengan jangka waktunya. Usahakan untuk merencanakan investasi untuk jangka pendek, menengah dan panjang. Sebagai referensi investasi jangka pendek, Anda bisa memilih berinvestasi pada tabungan deposito atau Obligasi Retail Indonesia atau ORI.

Jika Anda sudah melakukan investasi jangka pendek, kini saat mencari investasi jangka menengah. Untuk investasi jenis ini, Anda bisa memasukkan dana Anda pada produk ORI, logam mulia, atau reksadana pendapatan tetap. Barulah jika kedua investasi tersebut siap, Anda bisa mulai memasukkan dana untuk investasi pasar modal.

Saat melakukan pembelian saham, ada baiknya untuk memperhatikan profile risikonya. Namun, menurut pakar perencana keuangan ini, kondisi semacam ini justru adalah waktu yang tepat untuk membeli saham. Semoga dengan informasi ini, Anda bisa menyiapkan investasi tersebut dengan baik sehingga risiko bisa ditekan dan mendapatkan keuntungan yang berlipat.

investasi pasar modal

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *