Teropong Bisnis | Homepage
Boleh Investasi dengan Utang, Asal….

Boleh Investasi dengan Utang, Asal….

0 Comments 🕔11.Dec 2013

Investasi dapat dikatakan sebagai penjamin masa depan. Akan tetapi, ada satu hal yang perlu Anda punya, bila Anda ingin berinvestasi, yaitu modal. Bagaimana bila tidak punya? Apa boleh kita berhutang?

Menurut Ketua Asosiasi Perencana Keuangan International Association of Registered Financial Consultants (IARFC) Indonesia Aidil Akbar, sebaiknya jangan investasi dengan utang, bila baru memulai. Bila Anda sudah berinvestasi sekitar 4 sampai 5 tahun, maka tidak akan menjadi masalah.

Menurut pengalaman pribadi Aidil, saat dia mulai berinvestasi pada tahun 1995, saat itu dia masih bisa menggunakan utang untuk mulai investasi. Hal ini dikarenakan belum adanya krisis moneter. Tetapi, menurutnya saat ini tidak tepat untuk menggunakan utang sebagai modal investasi. Dia menyarankan agar Anda menggunakan uang milik Anda sendiri.

Uang milik Anda sendiri disini adalah uang yang memang diperuntukkan untuk investasi. Jadi, jangan gunakan uang belanja atau uang untuk kebutuhan sehari-hari.

Penggunaan utang untuk berinvestasi dapat dilakukan saat investasi Anda sudah berjalan beberapa lama. Bila sudah mendapatkan margin yang cukup dari broker dari investasi yang Anda tanamkan sebelumnya, artinya Anda sudah dapat berhutang. Akan tetapi, jangan langsung mengambil utang yang besar. Lakukan secara bertahap, untuk mengurangi resiko yang Anda terima di masa mendatang.

Sedangkan, menurut Equity Capital Market Retail PT Mandiri Sekuritas Fath Aliansyah Budiman, ada satu hal lagi yang harus Anda ketahui sebelum berinvestasi. Anda harus memiliki pola pikir yang benar.

Saat ini, banyak investor di pasar modal memiliki pola pikir investasi yang keliru. Mereka menanamkan uang mereka hanya berdasarkan perasaan, feeling dan tebakan saja. Jadi, mereka tidak melihat kondisi pasar dan perusahaan dimana mereka akan menanamkan uang mereka, tetapi, mereka hanya ikut-ikutan kabar burung yang lalu lalang tidak jelas arahnya.

Jelas cara ini tidak baik untuk investor, apalagi bila Anda sudah mulai investasi dengan utang. Anda kurang memiliki data yang cukup untuk memilih tempat baik untuk berinvestasi.

Selain meningkatkan resiko mengalami kerugian,  hal ini juga berdampak pada kondisi psikologis Anda. Anda tidak bisa nyaman menjalani proses investasi dan bukan tidak mungkin Anda akan mengalami mimpi buruk setiap malamnya memikirkan uang yang Anda tanamkan.

Bila hal diatas terjadi setiap hari, maka bukan tidak mungkin Anda akan melakukan kesalahan besar investasi. Dan, hasilnya Anda akan rugi cukup besar.

Menurut Fath, seorang investor harus bersikap tenang. Hal ini akan dapat membantu pengambilan keputusan saat berinvestasi. Anda juga memerlukan ketenangan, apalagi bila Anda belum mempunyai data yang cukup saat akan berinvestasi. Ditambah lagi dengan sangat dinamisnya pasar modal.

Jadi, bila Anda ingin investasi dengan utang, Anda harus tahu segala sesuatu tentang perusahaan atau objek dimana Anda ingin berinvestasi. Dan, yang paling penting, Anda harus tenang agar mudah mengambil keputusan.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *