Teropong Bisnis | Homepage
Bingung Cari Modal Usaha? Anda Tidak Sendiri!

Bingung Cari Modal Usaha? Anda Tidak Sendiri!

0 Comments 🕔07.May 2013

Bagi sebagian orang, usia produktif antara 20 tahun hingga 30 tahun merupakan usia untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Pengalaman ini diperoleh dengan cara bekerja pada suatu instansi, merantau serta belajar merintis usaha sendiri. Ya, usia produktif antara 20 tahun hingga 30 tahun ini merupakan waktu yang tepat untuk menggali pengalaman sebanyak-banyaknya. Pasalnya, di usia ini kebanyakan orang belum berkomitmen untuk berumah tangga dan memiliki banyak anak. Beberapa mungkin sudah menikah namun baru dikaruniai sedikit anak, sehingga mental untuk bereksplorasi mencari kesuksesan sangatlah besar.

Tidak sedikit orang yang mulai mengalihkan prioritas hidup mereka pada usia 30 tahun-an. Di usia ini orang semakin matang dalam menentukan arah hidup, termasuk mencari sumber penghasilan. Tak dipungkiri bahwa bekerja di kantor menjanjikan penghasilan yang tetap dan stabil. Namun hal ini kiranya tak mengurungkan niat banyak orang yang lebih memilih berwirausaha dan menjadi bos di kerajaan bisnisnya sendiri. Selain dapat menikmati lebih banyak waktu dengan keluarga, berbisnis mengasah kreatifitas dan naluri untuk selalu mencari kesempatan dan memanfaatkannya.

Mulai Bisnis dengan Modal Sendiri

Dalam salah satu survey yang dilakukan oleh LegalZoom dan Ewing Marion Kauffman Foundation, ditemukan bahwa sebanyak 80 persen wirausahawan Indonesia memulai bisnisnya dengan menggunakan modal sendiri. Hal ini selaras dengan persepsi masyarakat kita bahwa pada usia 20 hingga 30 tahun mereka mencari pengalaman dan menabung modal sebanyak-banyaknya dengan menjadi pegawai atau berbisnis kecil-kecilan. Hanya 20 persen saja wirausahawan Indonesia yang memulai bisnisnya dengan meminjam modal entah itu dari keluarga atau berhutang.

Tidak hanya berhenti di situ saja, survey yang dilakukan tersebut menunjukkan data bahwa wirausahwan usia 30 hingga 49 tahun memulai bisnisnya pada tingkat yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan pada usia sebelumnya mereka telah mencari banyak pengalaman dengan bekerja di kantor atau membuka usaha kecil-kecilan. Sebanyak 57 persen dari wirausahawan produktif ini telah memiliki pengalaman lebih dari enam tahun sebelum memulai bisnisnya. Bahkan lebih dari separuhnya telah memiliki usaha sebelumnya.

Bisnis Sepi di Tahun Pertama

Anda mungkin berulangkali mengangguk saat menyimak hasil survey di atas. Kondisi Anda mungkin kurang lebih sama dengan keseluruhan hasil survey tersebut. Jika Anda kini mengalami sepi pelanggan di tahun pertama bisnis Anda, Anda tidak perlu bersedih. Pasalnya, survey membuktikan bahwa sekitar 70 persen wirausahawan baru mengalami kesepian karena hanya mereka sendirilah yang menjadi pegawai. Namun demikian, peluang Anda untuk sukses di tahun pertama masih terbuka lebar. Survey membuktikan bahwa sebanyak 10 persen wirausahawan telah berhasil meraup pendapatan lebih dari US $ 100 ribu di tahun pertamanya.

Survey ini menunjukkan pula bahwa butuh enam bulan bagi seorang wirausahawan untuk memutuskan jenis usaha yang akan ia jalankan.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *